Penjabat Bupati Ketapang Tolak Surat Rekomendasi Kemenpan dan KASN

Penjabat Bupati Ketapang Tolak Surat Rekomendasi Kemenpan dan KASN

301
BERBAGI
Kartius, Penjabat Bupati Ketapang
Foto : Kepala BKD Kalbar, Kartius

Pontianak, (thetanjungpuratimes.com) – Penjabat Bupati Ketapang, Kartius, menyatakan, menolak surat rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk mencabut surat keputusan mutasi dan pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Ketapang.

Hal tersebut disampaikan Kartius, terkait surat rekomendasi dari Kemenpan dan KASN yang memintanya untuk mencabut surat keputusan mutasi dan pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Ketapang pada tanggal 30 Oktober 2015 lalu.

“Penolakan ini karena surat keputusan yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, seperti melalui proses Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat),” tegas Kartius.

Selain itu, rekomendasi dari KASN agar melakukan lelang jabatan juga dinilainya tidak efektif dan efisien dari segi biaya dan waktu. Kartius mencontohkan ada pejabat di Kalbar yang mengikuti lelang jabatan di tingkat pusat, tetapi meskipun nilainya paling tinggi, namun tidak diangkat pada jabatan yang diikutinya.

“Apa yang telah saya buat sudah sesuai dengan kewenangan surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri yang mengangkat sebagai Penjabat Bupati Ketapang, dengan kewenangan mengambil kebijakan dalam rangka menjalankan roda pemerintahan. Selain itu, untuk menyelamatkan pemerintahan Kabupaten Ketapang, karena terjadi kekosongan sebanyak 120 jabatan di Ketapang dan jumlah tenaga honorer yang sudah berlebihan,” jelas Kartius.

Sehingga, dirinya juga menyatakan menolak surat pemanggilan dari KASN yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Irham Dilmy.

Terkait dengan penolakan Penjabat Bupati Ketapang ini, baik dari pihak Kemenpan maupun dari KASN belum berhasil dikonfirmasi.

(Mohammad/Mohammad)

TIDAK ADA KOMENTAR