Kubu Raya Akan Perketat Pengawasan Kapal Penumpang

Kubu Raya Akan Perketat Pengawasan Kapal Penumpang

181
BERBAGI
Kecelakaan longboat maut milik CV. Indo Kapuas Ekspress di perairan Olak-olak Pinang, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (13/12).

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Belajar dari kecelakaan Kapal penumpang “Kapuas Expres” yang merenggut nyawa 13 penumpangnyA pada 13 Desember 2015 lalu, Dinas Perhubungan Kubu Raya akan lebih selektif untuk mengeluarkan izin berlayar.

Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Fauzi Kasim menyebutkan kalau pihaknya akan lebih selektif dalam melakukan pengawasan dan pengeluaran izin bagi para pelaku jasa pelayaran.

“Selain memberikan pengertian kepada pemilik angkutan air untuk tidak membawa penumpang yang berlebihan, kami juga melihat apa ada pengamanan dikapal tersebut seperti racun api, serta kelengkapan alat keselamatan penumpang lainnya,” katanya, Minggu (17/1).

Dirinya juga menegaskan kalau kapal harus berisi penumpang, bukan barang yang berat yang dapat menambah beban kapal itu yang justru membahayakan para penumpang.

“Kalau tidak patuh kepada aturan maka kami tidak akan mengeluarkan surat berlayar,” tegasnya.

Fauzi juga menambahkan akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Pol Airud guna menerapkan peraturan ini. (Faisal/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR