MK Akan Putuskan Hasil Gugatan Simson Subarno Hari Ini

MK Akan Putuskan Hasil Gugatan Simson Subarno Hari Ini

BERBAGI
Kuasa Hukum usai menghadiri sidang MK, mereka memia hakim MK bersikap adil dalam mengambil keputusan. Foto : Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Hari ini, Senin (18/1) merupakan penentuan nasib apakah permohonan pasangan calon nomor urut 3 Simson Subarno (SS) dilanjutkan atau tidak pada persidangan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Memang benar, sesuai jadwal di MK dan konfirmasi saya langsung pada panitera MK di Jakarta kemarin, Senin ini jadwal putusan,” kata kuasa hukum paslon Simson subarno, Rustam Halim, pada Minggu (17/1).

Menurut Rustam, apapun hasilnya nanti pihaknya akan menerima asalkan putusan yang disampaikan memenuhi rasa keadilan dan mengandung sisi kebenaran.

“Kita harapkan putusan yang membahagiakan kita terutama bagi sekitar 40.135 pemilih pada pilkada  9 Desember lalu,” katanya.

Ia juga menjelaskan, pada persidangan yang lalu pihaknya sudah menerima jawaban dari pemohon yakni KPU Sekadau dan pihak terkait yakni kuasa RA.

“Pada prinsipnya jawaban mereka sah-sah saja dalam rangka membela diri, namun dalam persidangan saya tegaskan pada ketua majelis hakim Arief Hidayat,bahwa jawaban termohon dan terkait sangat tidak memuaskan kami,” jelas Rustam.

Ditanya tentang peluang, Rustam menegaskan dirinya tidak berani memastikan apapun hasilnya.Sebab semua berpulang kepada hati nurani majelis hakim yang dketuai oleh Arief Hidayat yang juga Ketua MK RI.

 “Kita lihat sajananti apa keputusan majelis hakim MK,” katanya.

Rustam juga menegaskan MK tidak boleh membiarkan aturan-aturan keadilan prosedural memasung dan mengesampingkan keadilan substansif.

“Meskipun menurut undang-undang yang dapat diadili MK adalah hasil perhitungan suara, namun pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Pilkada harus pula dinilai dalam rangka menegakkan keadilan. Ini juga sangat sesuai dengan pasal 24 ayat 1 UUD 1945,” pungkas Rustam.(Yahya iskandar/dede)

TIDAK ADA KOMENTAR