Warga Pertanyakan Dana Bantuan Rumah Tak layak Huni

Warga Pertanyakan Dana Bantuan Rumah Tak layak Huni

136
BERBAGI
Dok. Rumah tak layak huni. Foto : Kabar65.com

Ketapang,thetanjungpuratimes.com-  Warga kurang mampu yang terdata menerima bantuan rumah tidak layak huni di Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat pertanyakan Program perumahan swadaya 2013 yang tak kunjung tiba.

Warga mengaku hanya mendapatkan satu kali bantuan saja yaitu pada tahun 2013, sedangkan bantuan selanjutnya belum diterima lagi hingga saat ini.

“Kita dapat pertama Rp 7 juta pada pertengahan 2013. Katanya tiga kali dapat, kedua Rp 5 juta dan ketiga sekitar Rp 3,5 juta, Tapi pada tahap kedua dan ketiga hingga sekarang tak ada dapat lagi. Jadi sudah tiga tahun saya tidak ada dapat, hanya Rp 7 juta itu saja, padahal tempat lain dapat,” ujar Jumiati (26) .

Jumiati mengatakan, bantuan Rp 7 juta juga tak berupa uang tapi barang. Pihaknya disuruh tanda tangan mencairkan uang dan meninggalkan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP). Kemudian disuruh menghitung berapa keperluan barang yang di butuhkan .

“Pencairan pertama kita di rumah dan di Bank BRI Ketapang. Kita dapat tongkat 20 batang, tiang enam batang, kayu gelegar empat batang, atap seng 10 keping  dan paku 2 kilo. Barang itu kita bangunkan dapur, sekarang belum jadi, dan masih terbengkalai,”paparnya.

Menurutnya dana Rp 7 juta tersebut, kata petugas yang diterimanya tak sampai Rp 7 juta.

“Tapi kita terima barang nilainya tak sampai Rp 7 juta. Kata pengurusnya ada dipotong apalah kita pun tak tahu. Kita terima bersih barang diantar ke rumah,” terangnya .

Jumiati mengharapkan bantuan tahap dua dan tiga tersebut bisa segera didapatkannya. Sehingga bisa memperbaiki rumahnya menjadi lebih layak. Terlebih bantuan pertama yang sudah dibangunkan saat ini belum selesai  dikerjakan.

“Sebelum tiba bantuan kan rumah kita diperiksa. Memang ada kayu kita tak kuat karena menggunakan kayu lokal. Jadi rumah kita disuruh bongkar. Untung saja tidak kita bongkar, kalau tidak mau tinggal di mana,” Pungkasnya.

(Raden Asmun/Dede)

 

TIDAK ADA KOMENTAR