Rapat Paripurna Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau

Rapat Paripurna Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau

165
BERBAGI
Foto : Penandatanganan berita acara penetapan Bupati sekadau terpilih / Yahya Iskandar

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau melaksanakan sidang paripurna istimewa tentang pengumuman penetapan  Bupati-Wakil Bupati Sekadau tahun 2016 – 2021.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Sekadau, Albertus Pinus dan Wakil Ketua DPRD Yefrai Raja Tugam dan Handi serta di hadiri sejumlah anggota DPRD Sekadau.

Albertus Pinus dalam sambutanya mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang—undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur,Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-undang, Pasal 160 Ayat tiga (3), menyatakan bahwa pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan calon Walikota dan Wakil Wali Kota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten, Kota yang di sampaikan oleh DPRD Kabupaten, Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Sehubungan dengan surat surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 100/140/SJ tentang pengesahan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota dan surat edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor 100/125/Pem-A Perihal pengesahan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati.

“ Dengan ini, DPRD Sekadau mengumumkan penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Pemilihan Tahun 2015 adalah. Rupinus SH.MSi sebagai Bupati terpilih dan Aloysius SH.M.Si sebagai Wakil Bupati terpilih,” tegas Pinus saat memimpin rapat, Rabu (3/2) siang.

Selain itu, Pinus juga meminta agar Mentri dalam Negeri memberikan petunjuk untuk mekanisme pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih.

“ Kalau yang lalu, proses pelantikan dilaksanakan di DPRD Sekadau oleh Gubernur, kali ini kita belum dapat petunjuk teknis pelantikan dikarenakan Pemilu ini dilaksanakan secara serentak, yang menjadi pertanyaan apakah proses pelantikan dilaksanakan DPRD atau dilaksanakan di tingkat Provinsi atau di pusat,” papar Pinus.

Pengesahan Berita Acara pengumuman penetapan hasil Pemilu Bupati-Wakil Bupati Sekadau 2015 di tandai dengan penandatangan Berita Acara oleh Albertus Pinus, Yefrai Raja Tugam dan Handi dengan disaksikan langsung oleh pihak-pihak terkait yang hadir.

(Yahya Iskandar/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR