Tidur Cukup Bisa Membuat Anda Terlihat Pintar

Tidur Cukup Bisa Membuat Anda Terlihat Pintar

BERBAGI
Tidur Cukup, Membuat Otak Pintar
Foto : Ilustrasi tidur/ solopos.com

Thetanjungpuratimes.com – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terlihat pintar. Seperti misalnya, rajin bertanya, membawa buku ke mana saja, hingga menggunakan kacamata.

Tapi tahukah Anda, bahwa ada cara sederhana yang bisa membuat seseorang tampak pintar, yakni dengan tidur yang cukup. Ya, menurut sebuah penelitian terkini menemukan tidur cukup selama 7-8 jam tak hanya meningkatkan metabolisme tubuh, tapi juga mendongkrak daya pikir seseorang.

Lebih dari itu, tidur cukup setiap hari dapat mengubah pancaran wajah yang membuat seseorang tampak pintar. Temuan ini didapat peneliti jurusan psikolog dari University St Andrews, Skotlandia.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti melibatkan 200 orang panelis yang akan menilai aktraktivitas dan tingkat kepintaran dari 190 wajah responden yang disiapkan peneliti.

Indikator wajah yang tampak pintar bisa terlihat dari bentuk kelopak mata dan lengkungan bibir responden sebelum dan sesudah tidur. Wajah yang sayu dengan lengkungan bibir mengerucut dianggap sebagai golongan yang kurang pintar.

Sedangkan pada orang dengan wajah yang tampak pintar, peneliti menemukan bahwa responden mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

Peneliti, Sean Talamas mengatakan bahwa perbedaan ini bisa terlihat secara kasat mata. Mereka yang kurang tidur akan terlihat lebih sayu dengan bibir yang cemberut. Dan ini mempengaruhi anggapan orang-orang mengenai kepintarannya.

“Padahal mereka yang berwajah sayu dan bibir cemberut bukan berarti tidak pintar. Namun stereotip masyarakat akan melihatnya sebagai orang yang tidak bersemangat dan kurang berintelektual,” tambah Talamas. (Suara.com/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR