Untan Sabet Juara Tiga Nasional Kontes Web Programming

Untan Sabet Juara Tiga Nasional Kontes Web Programming

BERBAGI
Angga Kurnia Putra dan Agustino Halim juara tiga bidang Web Programing di National FIT Competition yang di gelar Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Foto : Istimewa
Angga Kurnia Putra dan Agustino Halim juara tiga bidang Web Programming di National FIT Competition yang di gelar Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Foto : Istimewa

Jakarta, thetanjungpuratimes.com Untan kembali raih prestasi di kancah nasional, kali ini mahasiswa Fakultas Teknik Untan sukses merebut juara tiga nasional di kejuaraan Faculty of Information Technology yang diselenggarakan di kota Salatiga Propinsi Jawa Tengah.

Mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2012 atas nama Angga Kurnia Putra dan Agustino Halim yang hadir dengan nama tim GROUCODE mewakili Untan berhasil meraih Juara tiga dalam kategori web programming dalam ajang nasional lomba FIT Competition 2016, yang diselenggarakan oleh Himpunan mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Dekan Fakultas Teknik Untan Dr.rer.nat.Ir. R.M. Rustamaji M.T, mengatakan, kegiatan FIT Competition ini sendiri terdiri atas 3 kategori, antara lain jaringan, mobile, dan web programming.

Tema yang diangkat yaitu “Change The World” dimana mahasiswa diharuskan untuk membuat proposal aplikasi dan mengimplementasikannya dalam bentuk aplikasi nyata yang dikerjakan selama 12 jam, mulai dari pukul 09.00-21.00 non stop pada tanggal 21 April 2016,  kemudian dilanjutkan dengan presentasi hasil pada tanggal esok harinya.

Rustamaji, mengatakan ini merupakan prestasi yang membanggakan, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura mampu tampil dengan baik dikancah nasional dan mendapatkan prestasi “Ini sejalan dengan semangat Untan untuk terus meningkatkan diri sejalan dengan jargon pada dies natalis nanti “Untan Mulia, Untan Bisa” katanya.

Selain itu Ia menjelaskan dalam FIT Competition Untan meraih juara tiga nasional dan ini patut dibanggakan mengingat banyaknya peserta yang turut ambil bagian dalam kompetisi tersebut, apalagi kegiatan ini berskala nasional.

Sementara itu Dosen yang mendampingi mahasiswa dari FT Untan, Tari Mardiana ST, M.Eng mengatakan, pada perlombaan tersebut, ada 27 tim yang mengikuti babak final dengan masing-masing berjumlah sembilan tim untuk tiap kategorinya, para peserta yang terpilih menjadi finalis dan berhak untuk mengikuti Final setelah melalui tahap seleksi proposal aplikasi dengan ide untuk menjawab permasalahan yang terjadi di Era MEA.

“Dalam lomba web programming ini, mahasiswa Untan berkompetisi dengan beberapa finalis yang berasal dari Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Kristen Petra Surabaya, dan dari tim UKSW sendiri” katanya.

Tari juga menjelaskan, aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa itu bernama NGELES.IN  merupakan salah satu metode pengaplikasian teknologi yang kreatif dengan harapan dapat digunakan sebagai wadah antara siswa yang membutuhkan les private untuk menemukan guru les-nya yang sesuai kriteria.

Selain itu dalam kaitannya dengan MEA, aplikasi ini akan memudahkan guru-guru untuk bersaing secara sehat sekaligus meningkatkan daya saing guru lokal khususnya dari sisi mutu dan kualitas pengajaran untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar private. Aplikasi ini juga merupakan bagian dari skripsi yang sedang dikerjakan oleh salah satu anggota yaitu Angga Kurnia.

Tari berharap, akan lebih banyak mahasiswa Informatika yang akan turut andil dalam event berskala nasional, bukan kemenangan yang dicari, tapi lebih kepada pengalaman dan keberanian mengeluarkan banyak ide baru dalam mendukung perkembangan teknologi saat ini untuk menyelesaikan permasalahan sekitar.

“Besar harapan saya agar kegiatan seperti ini dapat didukung sepenuhnya oleh Fakultas dan Universitas, misalnya kegiatan tahunan bergengsi lainnya seperti GEMASTIK. Pendampingan yang baik, pembelajaran bersama, komunikasi yang cukup antara dosen dan mahasiswa, InsyaAllah akan memberikan output yang optimal juga” katanya mengakhiri.(Syafarudin Ariansyah)

Berita terkait :
Empat Srikandi Ini Akan Bawa Tim Robot Untan Ikut Kontes Nasional
Untan Ditetapkan Jadi Test Center CBT SBMPTN 2016
Peluncuran 19 Buku Karya Tulis Mahasiswa Untan
Rektor : 20 Mahasiswa Untan akan Jalani Kuliah Satu Semester di Perancis

1 KOMENTAR

Comments are closed.