16 Warga Korea Jadi Pekerja di Garut

16 Warga Korea Jadi Pekerja di Garut

BERBAGI
16 Warga Korea Jadi Pekerja di Garut
Foto : Ilustrasi/ pemeriksaanpajak.com

Bandung, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencatat ada 16 warga negara asing dari Korea Selatan menjadi pekerja secara legal di beberapa industri besar di Garut.

“16 tenaga kerja asing ini merupakan tenaga kerja legal yang memenuhi persyaratan dan memiliki dokumen resmi,” kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut Elka Nurhakimah kepada wartawan, Kamis.

Ia menjelaskan, sebelumnya tercatat ada 18 tenaga kerja asing, tetapi dua orang lagi dilaporkan sudah habis masa kerjanya sehingga harus kembali ke negaranya.

Mereka para pekerja asing itu, kata Elka, bekerja di sejumlah perusahaan berbeda yakni tiga orang di PT Daux Cosmetic, empat orang di PT Danbi International, delapan orang di PT Chang Shin Reksa Jaya, dan satu orang di Danau Dariza Resort dan Hotel.

“Kami selalu mendapat laporan karena setiap perusahaan yang mempekerjakan melaporkannya kepada kami,” katanya.

Bahkan, lanjut Elka, pekerja asing yang diperpanjang kerjanya juga dilaporkan sekaligus mengajukan permohonan perpanjangan kerja kepada Pemerintah Kabupaten Garut, untuk selanjutnya ke Imigrasi.

“Mereka melakukan permohonan perpanjang, kemudian ke Imigrasi, dari Imigrasi diputuskan setelah ada perpanjangan dari kita,” katanya.

Ia menambahkan terkait adanya tenaga kerja asing di Garut bisa saja terjadi, meskipun jumlahnya kecil.

Namun keberadaan pekerja asing secara ilegal itu, kata dia, akan cepat terdeteksi oleh pihak Imigrasi.

“Keberadaan mereka bisa cepat diketahui, dan sampai sekarang ini belum ada laporan mengenai keberadaan tenaga kerja asing ilegal,” katanya. (Antara/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR