Pelanggar Lalu Lintas Langsung Sidang di Tempat

Pelanggar Lalu Lintas Langsung Sidang di Tempat

174
BERBAGI
Foto : Seorang pelanggar lalu lintas saat mengikuti persidangan di Pol Polantas Sungai Pinyuh/ Hamzah

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Pos Lantas Sungai Pinyuh  menjadi yang pertama di Kalimantan Barat, melakukan sidang di tempat terhadap para pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran berlalu lintas dalam pelaksanaan operasi Patuh Kapuas 2016 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

“Sebanyak 45 orang yang melakukan pelanggaran lalu lintas langsung di sidang di Pos Pol Lantas Sungai Pinyuh,” ungkap Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Tri Budiyanto, Rabu (18/5).

Budiyanto mengatakan, pelaku pengendara yang melakukan pelanggaran berlalu lintas, biasanya harus menunggu sekitar seminggu untuk dilakukan sidang. Namun untuk saat ini bisa langsung dilakukan sidang di tempat

“Jadi, masyarakat bisa mengetahui pelaksanaan sidang, kesalahan yang telah mereka lakukan serta denda yang akan mereka dapatkan. Karena untuk menghindari anggapan yang tak diinginkan serta adanya transparansi di masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, dilakukannya rajia operasi patuh di kawasan Sungai Pinyuh dikarenakan warga di sini sering melakukan pelanggaran lalu lintas. Sementara denda yang tertinggi dalam sidang di tempat akan dikenakan kepada pengendara yang telah ditetapkan pada aturan.

“Jadi, denda yang tertinggi seperti tak memiliki surat ijin mengemudi (SIM) bisa mencapai  Rp1 juta,” pungkasnya. (Hamzah/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR