Sekadau Raih Peringkat Pertama UN SMP

Sekadau Raih Peringkat Pertama UN SMP

BERBAGI
Foto : Ilustrasi - Ujian Nasional/ abufarras.blogspot.com

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Pengumuman hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat telah dilakukan Sabtu (11/6). Berdasarkan nilai keseluruhan, Sekadau mendapat peringkat pertama peraih nilai UN tertinggi di Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sekadau, Djemain Burhan  mengaku bersyukur dengan prestasi yang diperoleh tersebut, hanya saja dirinya belum puas lantaran adanya penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.

Namun, ia tak menyebut secara rinci mengenai perolehan nilai dan presentase kelulusan siswa SMP dan sederajat yang telah diumumkan tersebut. Apalagi, kelulusan sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah dan UN bukanlah penentu utama kelulusan.

“Setiap sekolah menentukan kelulusan siswanya dengan berbagai pertimbangan, seperti moral dan lain sebagainya. Harapannya tentu semua siswa yang mengikuti UN lulus semua,” ujarnya, Minggu (12/6).

Ia juga berharap, dalam merayakan kelulusan untuk tidak dilakukan secara berlebihan. Dia mengingatkan agar siswa dan orang tua mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Adapun UN tingkat SMP sederajat diikuti sebanyak 3.229 peserta. UN diikuti sekolah negeri maupun swasta, diantaranya SMP negeri diikuti sebanyak 2.649 siswa dan SMP swasta diikuti sebnayak 340 dan MTS negeri sebanyak 2.121 siswa dan MTS swasta sebanyak 199 siswa.

Selain itu, ada sebanyak lima pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan ujian paket B. Sebanyak 34 sekolah penyelenggara dari 66 SMP yang ada di Kabupaten Sekadau.

Sementara Albinus, Kepala SMP Negeri 1 Sekadau Hilir mengakui adanya penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, ia juga bangga, karena dua orang peserta didiknya memperoleh nilai sempurna untuk mata pelajaran matematika.

“Secara keseluruhan memang masih diatas walaupun ada penurunan. Untuk peraih nilai UN tertinggi dengan nilai 376,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada siswa-siswinya untuk melanjutkan kesekolah yang lebih baik dan tidak memilih sekolah asal-asalan.

“Pilihlah sekolah yang baik dan bermutu dan jangan asal-asalan,” pungkasnya.  (Yahya/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR