Noken Papua Jadi Perhatian Pemerintah untuk Dikembangkan

Noken Papua Jadi Perhatian Pemerintah untuk Dikembangkan

BERBAGI
Noken Papua
Foto : Noken Papua/net

Jayapura, thetanjungpuratimes.com – Noken yang mendapat pengakuan oleh UNESCO sebagai warisan dunia, seharusnya jadi perhatian pemerintah untuk terus dikembangkan, kata Titus Chris Pekey, Ketua Lembaga Ekologi Papua.

“Pelestarian noken ini menjadi perhatian Pemerintah Papua dan tanpa paksaan karena lahir dari ikatan diri orang papua juga agama dan adat. Nah itu merupakan hakikat orang Papua,” kata Titus di Jayapura, Senin (13/6).

Ia mengatakan, Pemerintah di Papua seperti Majelis Rakyat Papua (MRP) harus merapatkan dan membicarakan lebih lanjut mengenai kelestarian noken bagi masyarakat Papua.

“Jadi kelestarian noken itu sedang saya lakukan dan dirapatkan dengan MRP sehingga perencanaan untuk membuat satu komunitas yang bisa menonjolkan noken,” ujarnya.

Dan, lanjut dia, pihaknya merencanakan untuk membuat sanggar-sanggar yang dapat melestarikan noken melalui komunitas noken.

Ia menambahkan, lalu pihaknya berupaya agar adanya budi daya bahan pembuat noken agar noken terus dipertahankan sebagai jati diri orang papua tetapi juga sebagai warisan dunia.

“Jadi harus ada komunitas yang berperan untuk melestarikan serta menjaga warisan leluhur orang papua,” tambahnya lagi.

(Ant/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR