Penerimaan PSB Jangan Ada Pungli

Penerimaan PSB Jangan Ada Pungli

BERBAGI
Pendidikan
Foto : Ilustrasi - Pendidikan di sekolah/ mediamadura.com

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Melawi, Heri Isklandar mengimbau seluruh sekolah di daerah itu untuk transparan dalam melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) atau peserta didik baru tahun ajaran 2016/2017.

“Setiap tahun kita selalu mendengar keluhan orangtua siswa mengenai banyak hal yang tidak transparan dalam proses penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah, dan hal seperti ini akan berpotensi pada jual beli kursi,” ujar Heri Iskandar.

Heri meminta semua pihak, terutama Pemkab dan Disdik serta pihak sekolah agar membuka informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang proses dan tahapan sejak awal hingga akhir. Ini untuk memastikan semua tahapan dilakukan dengan jujur dan sesuai aturan

Selama ini, menurut Heri, sekolah dinilai sangat minim memberikan informasi tentang PSB. Jika pun ada, paling hanya berupa pengumuman bahwa sekolah menerima peserta didik baru, sementara hal yang lebih rinci seperti jumlah kursi, bagaimana standar nilai, dan persyaratan lainnya, sangat jarang disampaikan kepada peserta didik dan orangtua.

Menurutnya, informasi lain yang berhak diketahui publik adalah pengumuman tata cara pendaftaran peserta didik dalam setiap lembaga pendidikan, pengumuman biaya yang dibutuhkan berkaitan dengan PSB dalam setiap lembaga pendidikan, jumlah kursi yang tersedia, tahapan seleksi, serta persyaratan dan kualifikasinya.

Selain informasi itu lanjutnya, calon peserta didik juga dapat mengakses hasil penilaian dari setiap tahapan seleksi penerimaan peserta didik yang diikutinya. Komponen-komponen tersebut belum dilaksanakan sepenuhnya, sehingga sering menjadi pertanyaan orangtua siswa.

“Situasi seperti ini sangat rawan menimbulkan upaya pungutan liar oleh oknum-oknum tertentu,” pungkasnya.  (Edi/Yuniar)

 

TIDAK ADA KOMENTAR