Dinas PU Kalbar Cek Kelayakan Jalur Mudik

Dinas PU Kalbar Cek Kelayakan Jalur Mudik

BERBAGI
Pemerintah Fokus Perbatasan Entikong
Foto : Kepala Dinas PU Kalbar, Jakius Sinyor.

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas PU Kalimantan Barat, Jakius Sinyor mengatakan, pihaknya terus mengecek kondisi jalan yang ada di seluruh provinsi itu, khususnya jalur yang sering dilewati masyarakat untuk arus mudik tahun ini.

“Kita telah menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek kondisi jalanan yang ada, memang ada beberapa jembatan yang diperbaiki, namun kita akan bekerjasama dengan dinas terkait dan pihak kepolisian agar pengerjaan jalan tersebut tidak menghambat,” katanya di Pontianak, Jumat.

Jakius menjelaskan, hingga saat ini rata-rata kondisi jalan, baik jalan status nasional dan provinsi dalam keadaan baik untuk jalur transportasi mudik Lebaran nanti.

“Rata-rata kondisi jalan di Kalbar, untuk jalan nasional dan provinsi dalam keadaan baik, sehingga bisa memudahkan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik dan balik pada Lebaran nanti,” tuturnya.

Ia menjelaskan, persiapan tersebut, sebenarnya tidak hanya dalam menyambut Lebaran saja, namun pada hari besar keagamaan lainnya seperti Natal dan Tahun Baru.

“Saat ini panjang jalan nasional, yakni sepanjang 2.117, 57 kilometer, dan jalan provinsi sepanjang 1.225,30 kilometer dengan rata-rata kondisi baik,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Anthony mengatakan, pihaknya sudah menekankan kepada seluruh Dinas perhubungan yang ada di kabupaten/kota di Kalbar untuk bisa menekan jumlah kecelakaan lalu lintas selama Lebaran nanti.

“Kami sudah menekankan kepada seluruh kepala Dinas Perhubungan yang ada di daerah pada rapat koordinasi belum lama ini, agar menekan seminimal mungkin angka kecelakaan lalu lintas pada musim mudik Lebaran nanti,” kata Anthony.

Dia menuturkan, dalam menghadapi arus mudik di Kalbar tahun ini, pihaknya telah membentuk beberapa pos pengamanan dan pengamatan lalu lintas yang tersebar di seluruh wilayah Kalbar dan bekerjasama dengan dinas dan instansi terkait di daerah.

Selain itu, katanya, pada tahun ini pihaknya juga melibatkan Dinas PU di semua pos tersebu. Dinas PU juga akan menempatkan petugasnya di setiap pos yang ada.

“Tujuan dilibatkannya Dinas PU pada pos yang ada, jika ada jalan atau jembatan yang rusak saat arus mudik, maka bisa langsung mengambil tindakan. Karena jika ada jalan atau jembatan yang rusak, selain menyebabkan kemacetan, juga menyebabkan kecelakaan,” tuturnya. (Ant/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR