Bayar Zakat Fitrah Dianjurkan Sebelum Syawal

Bayar Zakat Fitrah Dianjurkan Sebelum Syawal

323
BERBAGI
Foto : Ilustrasi - Zakat Fitrah/ prokal.co

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyerukan kepada umat Islam yang ada di kota itu untuk segera membayarkan zakat fitrahnya sebelum masuk 1 Syawal Idul Fitri.

“Kita harapkan H-2 Idul Fitri, zakat fitrah sudah selesai semua, dan sudah terkumpul di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di masjid yang telah ditunjuk,” kata Kasi Bimas Islam, Kantor Kementerian Agama Singkawang, Muhlis.

Sehingga, pada H-1 Idul Fitri, semua zakat fitrah yang terkumpul di UPZ masjid sudah bisa disebarkan ke fakir miskin.

“Yang saya lihat selama inikan, tradisi orang-orang muslim yang membayar zakat fitrah, memang suka di akhir-akhir Ramadhan,” ungkap Muchlis.

Menurut muchlis, hal seperti ini akan membuat orang yang membagikannya cukup repot. Kendati yang lebih afdhal dalam mengeluarkan zakat fitrah pada saat hari-hari akhir Ramadhan (sebelum khatib naik ke mimbar).

“Namun upayakan, H-2 semua zakat fitrah sudah dibayarkan semua,” pintanya.

Muchlis berpesan, jangan memberikan zakat fitrah itu kepada orangnya langsung. Tapi, berikanlah kepada UPZ masjid yang sudah ditunjuk. Agar pembagiannya kepada fakir miskin bisa merata.

“Karena kita memberikan sesuatu, tentunya punya harapan dapat memberikan dampak kepada masyarakat sekeliling kita. Agar pembagiannya merata, sebaiknya zakat fitrah itu diberikan ke UPZ-UPZ masjid,” sarannya.

Senada dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, H Jawani, mengimbau agar umat Islam jangan sampai lupa untuk membayar zakat fitrahnya.

“Gara-gara memikirkan kue dan rumah, jangan sampai kewajiban untuk fitrah dilupakan,” kata Jawani.

Jawani mengingatkan, pembayaran zakat fitrah adalah sebesar 2,5 Kg/jiwa yang disesuaikan dengan harga beras yang di makan.

Jika diuangkan dengan perincian sebagai sebagai berikut, Beras Super Rp14.000/Kg x 2,5 Kg = Rp35.000. Beras Premium Rp12.000/Kg x 2,5 Kg = Rp30.000 dan Beras biasa Rp10.000/Kg x 2,5 Kg = Rp25.000. (Mizar/Yuniar)

TIDAK ADA KOMENTAR