Bupati Kapuas Hulu Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Lebaran

Bupati Kapuas Hulu Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Lebaran

229
BERBAGI
Foto: Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH Mengecek Kesiapan Pasukan Operasi Ramadniya 2016/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Kapuas 2016 di halaman Mapolres, Kamis (30/6) pagi.

Apel yang melibatkan instansi vertikal dan horizontal di Bumi Uncak Kapuas ini, diinspekturi Bupati Kapuas Hulu AM Nasir.

Dalam amanat Kapolri, yang dibaca AM Nasir ditegaskan Operasi Ramadniya Kapuas 2016 ini bertujuan untuk mengecek persiapan seluruh personil baik polri dan unsur terkait lainnya yang terlibat langsung mengamankan Hari Raya Idul Fitri.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan operasi yang telah dipersiapakan dapat menciptakan daerah yang kondusif, sehingga Hari Raya Idul Fitri bisa berjalan aman dan lancar,” baca bupati.

Mudik, lanjut Bupati, merupakan budaya yang selalu dilakukan masyarakat setiap tahun, bukan hanya perayaan Idul Fitri saja, tapi hari besar keagamaan lainnya. Dengan demikian otomatis aktivitas masyarakat meningkat.

“Peningkatan aktivitas masyarakat harus dikelola dengan baik, sehingga Kamtibmas daerah terwujud. Tahun ini diperkirakan puncak arus mudik dengan moda transportasi darat diperkirakan H-4 dan arus balik H+2,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas jelang mudik, maka harus dilakukan langkah preventif dan sinergisitas dengan para pihak terkait. Selain laka lantas, saat arus mudik sering terjadi kerawanan curat, curas dan curanmor hingga tauran.

“Kemudian penyalahgunaan narkoba, aksi kriminalitas lainnya serta bencana alam dan kebakaran. Dalam menjamin keamanan masyarakat Polri didukung instansi terkait telah berusaha merealisasikan Operasi Ramadniya dengan optimal,” ungkap Nasir.

Selain itu, sasaran Operasi Ramadniya yakni pengamanan tempat salat, terminal, stasiun bandara dan tempat-tempat umum lainnya. Dengan demikian terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.

“Terjaminnya kenyamanan transportasi dan distribusi bahan pokok untuk menghindari kekhawatiran masyarakat atas lonjakan. Maka harus ada koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi persoalan tersebut,” katanya.

Bagi aparat keamanan, kata Bupati, harus dengan penuh rasa tanggungjawab, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas, selain itu mempersiapkan kondisi mental yang baik untuk senantiasa melaksanakan pelayanan prima.

“Persiapakan dengan baik seluruh perisapan untuk mendukung susksesnya operasi Ramadniya ini. Laksanakan dengan tulus, melalui tampilan yang humanis dan hindari sikap keseweangan dan arogansi,” tutupnya.

(yohanes/Dede)

 

TIDAK ADA KOMENTAR