Jelang Lebaran, Pedagang Daun Kelapa Banjiri Pasar

Jelang Lebaran, Pedagang Daun Kelapa Banjiri Pasar

257
BERBAGI
Foto: Pedagang pelepah kelapa di pasar Flamboyan Pontianak/Agus

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Menjelang Lebaran pedagang daun kepala dan bungkus ketupat mulai ramai di sejumlah pasar di Kota Pontianak.

Salah satunya adalah di  pasar Flamboyan.

Adalah Indi salah seorang pedagang  sayur di Pasar Flamboyan yang banting setir memanfaatkan momentum lebaran dengan menjual upai atau daun kelapa dan bungkus ketupat yang terbuat dari daun kelapa muda tersebut.

“Nyambi aja bang, kan musim lebaran, jadi sambil jual sayur, jual ini juga,” ujar dia sembari membuat bungkus ketupat, Senin (4/7).

Dirinya mengaku menjual upai tersebut sudah rutin dilakukan setiap menyambut lebaran. Satu bungkus ketupat dijualnya dengan harga Rp1000, semantara Upai atau daunnya hanya dijual dengan harga Rp250 satu lembarnya.

“Jual ini mulai kemarin, hari ini udah dua hari, sampai besok masih jualan, dari hasil jualan bungkus ketupat satu hari sekitar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu,” imbuhnya.

Sementara Mohtar warga Sungai Kakap menceritakan dirinya mencoba mengadu peruntungan berjualan upai atau daun kelapa di Pasar Flamboyan setelah pada tahun sebelumnya berjualan di pinggiran jalan Sungai Jawi.

“Daunnya dari pohon kelapa punya sendiri,” ujar Mohtar yang berjualan ditemani istri dan anaknya.

Dirinya mengaku dari penjualan upai atau daun kelapa ini cukup untuk menambah penghasilannya.

“Kalau dihitung-hitung bisa sampai Rp 600 ribu hasilnya dari jualan ini,” ungkapnya.

(Agustiandi/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR