Jalan Tayan, Batang Tarang, Sosok, Bodok, Masih Rusak Parah

Jalan Tayan, Batang Tarang, Sosok, Bodok, Masih Rusak Parah

BERBAGI
Foto : Ruas jalan Tayan-Batang Tarang yang rusak/Muhammad

Sanggau, thetanjungpuratimes.com-Jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Tayan Hilir, Kecamatan Batang Tarang, Kecamatan Tayan Hulu dan Kecamatan Bodok, Kabupaten Sanggau, Kalbar, sekitar sepanjang 78 kilometer, hingga saat ini masih dalam kondisi yang rusak.

Berdasarkan pemantauan jalan tersebut pada Sabtu (9/7) , jalan yang berlubang sudah ditambal dengan tanah dan batu kerikil. Ada beberapa ruas jalan yang sudah diaspal, terutama yang berada di permukiman warga.

Pengguna jalan yang melintasi di jalan ini dan warga setempat mengeluhkan kondisi jalan dalam kondisi yang rusak parah ini.

Saat musim kemarau seperti saat ini, kondisi jalan yang rusak parah ini berdebu, dan berlumpur pada saat musim penghujan.

Kondisi jalan ini diperparah lagi dengan tidak adanya lampu penerangan jalan, sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan pada malam hari.

“Kami merasa heran, kenapa pembangunan jalan Tayan hingga Bodok ini tidak pernah selesai. Padahal sudah lama jalan ini rusak parah,” ujar Ahmadiansyah, warga Batang Tarang kesal.

Ahmadiansyah pun membandingkan jalan di perbatasan Kalbar-Malaysia yang berada di Kecamatan Entikong yang terus diperbaiki meskipun dalam kondisi yang masih bagus.

“Coba lihat jalan di Entikong, terus diaspal, meskipun kondisi jalannya masih bagus. Tapi jalan Tayan, Batang tarang, Sosok dan Bodok, sampai sekarang masih rusak,” ungkapnya.

Kondisi jalan yang rusak parah ini sendiri juga telah masuk dalam laporan ke Lembaga Ombudsman Kalbar sebagai laporan tertinggi yang dilaporkan masyarakat yang harus segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Cornelis, beberapa tahun sebelumnya, telah mencanangkan untuk segera memperbaiki jalan rusak yang melintasi empat kecamatan ini, namun hingga saat ini belum juga terwujud semuanya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalbar, Jakius Sinyor, yang sebelumnya pernah dikonfirmasi prihal perbaikan jalan ini mengatakan, pihak Kementerian Pekerjaan Umum telah mulai melaksanakan perbaikan jalan tersebut, melalui proyek multi years senilai lebih dari 500 milyar rupiah dengan menggunakan dana dari Asia Deplopment Bank.

(Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR