Prajurit TNI Amankan Pelaku Pembakar Lahan di Samalantan

Prajurit TNI Amankan Pelaku Pembakar Lahan di Samalantan

266
BERBAGI
kebakaran lahan
Foto : Ilustrasi Karhutla/borneoclimatechange.org

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Dandim 1202/Singkawang Letkol Czi Darody Agus menuturkan tim khusus bentukan Kodim mengamankan seorang pembakar hutan dan lahan di wilayah Samalantan, Bengkayang.

“Diamankan satu orang di Samalantan Bengkayang, kemudian kita serahkan kepada aparat kepolisian. Pengamanannya hari Selasa kemarin agar pelakunya tahu kalau yang dia lakukan itu salah,” kata Darody di Singkawang, Jumat (15/7).

Darody menuturkan Tim Sus ini dibentuk sesuai dengan arahan Panglima TNI guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan layaknya tahun sebelumnya.

“Sejak dari Minggu lalu, awalnya kita masuk ke pelosok desa mengimbau warga. Harim Senin kemarin kita berlakukan pencarian titik api dan memadamkan dan cari pelakunya,” katanya.

Kata Dandim, Tim Sus ini diperintahkan untuk melakukan patroli sehari dua kali pada pagi dan sore untuk mencari titik api dan mengimbau warga agar tak membakar lahan.

“Kita tidak ingin seperti tahun lalu, warga kita di mana-mana menderita akibat asap, jangan sampai hal itu terulang lagi,” katanya.

Kata Darody wilayah yang cukup rawan terjadinya karhutla adalah di Bengkayang dan Sambas. Sementara pelaku pembakar lahan yang ditangkap dilakukan proses lebih lanjut.

(Mizar/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR