Untan Kampus Terdepan, Peringkat Pertama di Kalimantan versi 4ICU 2016

Untan Kampus Terdepan, Peringkat Pertama di Kalimantan versi 4ICU 2016

BERBAGI
Untan Peringkat Pertama di Kalimantan versi 4ICU 2016
Foto : Untan menjadi Kampus Terdepan di Kalimantan versi 4ICU/Syafarudin Ariansyah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com Universitas Tanjungpura (Untan) menjadi Kampus Terdepan, karena meraih peringkat pertama Perguruan Tinggi di regional Kalimantan versi 4ICU yang dirilis pada Juli 2016.

Wakil Rektor I Untan, Dr Aswandi, menjelaskan, bahwa posisi Untan secara nasional di peringkat 56 tahun ini, dari 411 kampus yang diranking oleh search engine dan direktori 4ICU.org University Web Ranking.

“Peringkat 56 kita sekarang menunjukkan peningkatan dari sebelumnya yang berada di peringkat 74,” demikian disampaikan Dr Aswandi, usai menerima tim UPT Pustik Untan di ruang kerjanya, Jum’at (15/7).

Khusus di regional Kalimantan, dirilis sekira 16 Perguruan Tinggi tahun ini yang dipublikasikan masuk dalam peringkat 4ICU. Untan masih memimpin diposisi teratas, disusul IAIN Antasari Banjarmasin (62), Universitas Mulawarman Samarinda (75), Universitas Balikpapan (82), Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda (101), Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (111), Universitas Borneo Tarakan (129), Universitas Panca Bhakti Pontianak (171), Universitas Palangkaraya (178).

Banyak kejutan dari publikasi 4ICU periode Juli 2016 ini. Beberapa kampus mengalami lompatan peringkat yang cukup signifikan, khususnya di zona Kalimantan, seperti IAIN Antasari Banjarmasin, bertengger di posisi 62 nasional, padahal tahun sebelumnya masih diperingkat 183. Demikian pula Universitas Balikpapan, kini berada di peringkat 82 nasional dari posisi 129 tahun 2015. Universitas Panca Bhakti dan Universitas Muhammadyah Pontianak, naik peringkat masing-masing ke posisi 171 dan 299.

Peringkat Top 10 Indonesia 4ICU University Web Ranking 2016 masih didominasi kampus-kampus di regional Jawa, seperti : (1) Universitas Gadjah Mada; (2) Universitas Indonesia; (3) Universitas Sebelas Maret; (4) Institut Teknologi Bandung; (5) Universitas Diponegoro; (6) Universitas Padjadjaran; (7) Universitas Brawijaya; (8) Universitas Pendidikan Indonesia; (9) Institut Pertanian Bogor; (10) Universitas Mercu Buana.

4ICU adalah suatu search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki sekitar 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Dalam menentukan peringkat tersebut 4ICU menggunakan 4 web metric independen dari 3 search engine yang berbeda, yakni Google Page Rank, Majestic SEO Referring Domain, Majestic Trust Flow serta Alexa Traffic Rank/Global Rank.

Ketiga kriteria penilaian yang digunakan tersebut berkaitan dengan promosi publikasi web, insiatif open source, akses elektronis terhadap fasilitas, layanan, sosial media, struktur akademik, ukuran profil, akreditasi dan pengakuan, afiliasi dan membership, wikipedia article, presentasi video dengan situs/website, seperti kualitas artikel, akses website, jumlah konten yang ada di sebuah website tersebut, jumlah website/domain dari luar universitas yang memberikan link kepada sebuah website universitas, serta berdasarkan rata-rata traffic/pengunjung website selama beberapa bulan terakhir.

Pakar edukasi Untan ini juga menegaskan, bahwa kendati Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2016 versi 4ICU tersebut tidak terkait langsung dengan kualitas akademik masing-masing perguruan tinggi, sebagaimana performa akademik yang diranking oleh ARWU (Academic Ranking World University), atau THE-QS, paling tidak fungsi web ranking dan search engine semacam ini dapat menjadi benchmark untuk pembanding kinerja perguruan tinggi dalam mengelola institusi penddikan dan layanan informasi berbasis teknologi.

“Terpenting kita harus meningkatkan sinergi di bidang teknikal publikasi website dengan segala subsistemnya dan tata kelola institusi yang semakin transformatif kearah kampus digital,” harap Dr Aswandi.

(Syafarudin Ariansyah/Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR