Antusiasme Dosen Untan Berlatih MOODLE

Antusiasme Dosen Untan Berlatih MOODLE

BERBAGI
Antusiasme Dosen Untan Berlatih MOODLE
Foto : Suasana Workshop e-Learning/Dn

Pontianak, thetanjungpuratimes.com Antusiasme para dosen Untan menggunakan MOODLE sebagai sistem yang menjawab kebutuhan pembelajaran di era informasi tampak pada pelatihan Workshop e-Learning Dosen Universitas Tanjungpura yang diselenggarakan selama 4 hari atas kerjasama PIU IDB 7in1 Untan dan UPT TIK  di gedung GDLN Untan, sejak Senin hingga Kamis 18 sampai 21 Juli 2016.

Workshop e-learning ini diikuti oleh 160 dosen dari seluruh fakultas di lingkungan Untan. Antusiasme peserta sudah tampak sejak Senin (18/7), dimana peserta tetap bertahan dari sesi pagi hingga berakhirnya pelatihan pada sore hari. Pelatihan dibuka resmi oleh pejabat PIU 7in1 IDB Untan, Syaifurahman, ST,MT.

Workshop e-Learning ini adalah bagian dari program IDB 7in1 terkait persiapan dosen dalam pembuatan konten e-Learning unggulan yang dikompetisikan, sekaligus meningkatkan pemanfaatan e-Learning Untan.

“Ada 18 konten yang dikompetisikan sesuai standar e-learning IDB 7in1, informasi dan pengusulan proposal dapat diakses pada laman, http://seleksi.e-learning.untan.ac.id.” kata Asisten Direktur Bidang Akademik PIU IDB 7in1 Untan, pada sambutannya.

Workshop e-Learning ini penting didukung semua pihak, utamanya komunitas dosen sebagai penggerak pembelajaran non konvensional di Untan. Sedangkan institusi berperan di dalam mendorong dan memfasilitasi kebutuhan pengguna e-Learning, termasuk pelatihan dan pendampingan teknis.

“Kapasitas peran kami sebatas mendukung LMS (Learning Management System) Portal Learning ini agar dapat bekerja stabil, aman dan lancar. Modifikasi MOODLE ini berjalan di protokol domain dan hosting official Untan, mengenai pengembangan isi, aktivitas dan pemanfaatannya bergantung kepada kreativitas masing-masing pengguna (dosen dan mahasiswa),” jelas Dr Hery Sujaini, disela-sela kegiatan pelatihan.

Kepala UPT TIK Untan ini juga menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen dan dukungan unit yang ia pimpin guna meningkatkan kapasitas dosen dalam mengelola e-Learning, sehingga pemanfaatan portal e-learning semakin optimal.

“Dosen dapat menggunakan fitur-fitur yang tergolong lengkap dan tersedia didalam sistem, semakin diolah dan diasah maka semakin mahir dan familiar kita memanfaatkan MOODLE,” ujar dia.

TIDAK ADA KOMENTAR