Bupati Bengkayang Persiapkan Pengganti Sekda

Bupati Bengkayang Persiapkan Pengganti Sekda

278
BERBAGI
Foto: Ilustrasi/tribunnews.com

Bengkayang, thetanjungpuratimes.com – Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot sedang mempersiapkan pengganti Sekretaris Daerah Kriatianus Anyim yang masa jabatannya berakhir pada September 2016.

“Menganei pergantian sekda kita sudah lakukan sejumlah persiapan termasuk menyiapkan penitia seleksi sesuai dengan undang-undang,” ujarnya di Bengkayang, Sabtu (23/7).

Suryadman mengatakan, sekda nanti harus orang yang benar-benar memahami dan mengerti manajemen pemerintahan.

“Siapapun nanti yang akan menjadi sekda yang pasti harus memahami sistem pemerintahan. Bisa mengurus administrasi yang baik dan memiliki semangat kepemimpinan yang patut dicontoh dan ditiru oleh pegawai yang lain,” tuturnya.

Menurutnya, ia tidak mempermasalahkan apabila suatau saat yang dipercaya adalah pejabat yang berasal dari kabupaten atau kota selain Kabupaten Bengkayang.

“Tidak menutup kemungkinan sekda nanti adalah pejabat dari kabupaten atau kota lain. Hal itu tidak masalah, yang terpenting bisa mengurus manajemen dan memahami sistem pemerintahan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Bengkayang Yosua Sugara mengatakan seorang sekda harus memiliki integeritas yang tinggi dan kuat.

“Bagi saya, seorang sekda harus memiliki integritas yang kuat untuk memimpin pejabat dan PNS Pemerintah Kabupaten Bengkayang,” tuturnya.

Yosua menjelaskan ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat memilih sekda. Figur yang dipilih harus dapat mengurus administrasi pemerintahan dengan baik, bisa menjadi panutan pejabat dan PNS, serta tidak tersandung perkara hukum.

“Kalau saat menjabat kepala Dinas, kepala badan atau jabatan eselon dua lainnya tidak bisa mengurus administrasi, maka bagi saya tidak layak untuk menjadi sekda. Terlebih bila ketika memimpin suatu dinas, ada temuan BPK yang merugikan negara, maka sangat tidak layak untuk dipromosikan ke jabatan sekda,” kata dia.

(Ant/Dede)

TIDAK ADA KOMENTAR