Pemilik Bangunan Diimbau Urus IMB Sebelum Mendirikan Bangunan

Pemilik Bangunan Diimbau Urus IMB Sebelum Mendirikan Bangunan

232
BERBAGI
Pengembang Keluhkan Sulitnya Urus Perizinan di Dinas Cipta Karya Kubu Raya
Foto : Ilustrasi - Perizinan/ net

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Banyaknya perusahaan di Kabupaten Ketapang yang berdiri tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), memicu pertanyaan salah atau tidak perusahaan tersebut. Menyikapi persoalan tersebut, Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) tetap melayani pengurusan legalitas perusahaan.

 “Kalau kami kadang meski sudah dalam keadaan membangun baru kemudian mengajukan permohonan tetap melayani proses pengurusan IMB. Terkadang dalam membangun pun masih dilayani, yang penting permohonan memenuhi syarat dan tidak melanggar ketentuan berlaku,” kata Kepala KPT Saidjol di Ketapang,  Sabtu (23/7).

Dia menjelaskan, yang dikatakan salah misalnya bangunan tersebut dekat dengan jalan umum. Konsekuensinya jika ada tim teknis dari PU dan terbukti salah harus di bongkar.

 Selain itu, lanjutnya, mengenai bangunan yang dalam proses membangun kemudian baru mengurus izin itu tidak bertentangan dengan Perbup.

“Selagi ada kemauan mengurusnya kita tetap melayani pengurusan izin,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau, kepada pelaku usaha hendaknya sebelum mendirikan bangunan mengurus segala legalitasnya terlebih dahulu, dikhawatirkan bangunan tersebut tidak sesuai aturan.

“Kita khawatir kalau bangunannya tidak sesuai koordinat seperti terlalu dekat dengan jalan umum,” imbaunya menambahkan.

(Ras/Dd)

TIDAK ADA KOMENTAR