Cuaca Buruk, Nelayan di Kendawangan Enggan Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan di Kendawangan Enggan Melaut

BERBAGI
Foto : Ilustrasi nelayan/bisnis.com

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Sudah sepekan sejumlah nelayan di Pulau Sawi, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang takut untuk melaut lantaran cuaca buruk.

Zainal salah satunya, ia mengaku saat ini kondisi cuaca masih tidak stabil yang menyebabkan gelombang tinggi dan membahayakan keselamatan nelayan.

“Kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah yang susah ditebak dan kita anggap membahayakan keselamatan, makanya sudah sepekan terakhir kami tidak melaut,” ujarnya, saat ditemui, Minggu (24/7).

Zainal menceritakan jika masih ada nelayan yang memberanikan diri melaut jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 10 mil dari bibir pantai dengan resiko tangkapan ikan yang hanya sedikit dibanding dengan kondisi biasanya.

“Ketinggian gelombang mencapai dua meter, angin kencang, makanya beresiko kalau melaut, jadi kita lebih memilih memperbaiki perahu sambil menunggu kondisi cuaca membaik,” paparnya

Sementara nelayan yang lainnya mengungkapkan akibat masih nelayan yang tidak melaut berdampak pada hasil tangkapan ikan yang jauh berkurang.

Menurut mereka jika pada saat cuaca bagus atau normal minimal satu hari melaut bisa mendapatkan ikan sekitar 70-80 Kg, sedangkan dengan kondisi cuaca buruk saat ini paling banyak sehari dapat 15 Kg.

“Selain memilih memperbaiki perahu ada juga nelayan beralih memukat rajungan menggunakan pukat ketam karena mulai banyak, kita berharap cuaca mulai membaik jadi kita bisa melaut kembali,” kata, Alang salah satu nelayan di Pulau Sawi.

(Ras/Dd)

TIDAK ADA KOMENTAR