Konflik Berdarah di Mimika, 2 Tewas

Konflik Berdarah di Mimika, 2 Tewas

587
BERBAGI
Foto : Konflik Berdarah di Mimika, 2 Tewas/Istimewa

Mimika, thetanjungpuratimes.com-Telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat suku Dani yang ada di kampung Tunas Matoa Distrik Kwamki Narama yang dilakukan oleh kelompok masayarakat dari Kwamki Narama bagian atas pada Senin, 25 Juli 2016, sekitar pukul 05.00 WIT.

Penyerangan masyarakat dari kelompok Kwamki Narama bagian atas dilakukan buntut dari kejadian perusakan dan penganiyaan yang diduga dilakukan oleh kelompok masyarakat suku Dani pada tanggal 24 Juli 2016 pukul 20.00 WIT yang mengakibatkan korban dari kelompok Kwamki Narama bagian atas.

Dari hasil pengecekan data sementara terkait penyerangan tersebut, mengakibatkan 17 rumah terbakar, 13 orang luka-luka dan 2 orang meninggal dunia.

Pada pukul 08.00 WIT setelah melakukan penyerangan terhadap kelompok masyarakat Dani di kampung Tunas Matoa, kelompok Kwamki Narama bagian atas membuang suara ke kelompok Kwamki Narama bagian bawah dan terjadi perang panah, namun berhasil dihalau oleh Satuan Dalmas Polresta dan Brimob Detasemen B Mimika, Papua.

Pada pukul 09.00 WIT keluarga korban perusakan dan penganiayaan tanggal 24 Juli 2016 yang kebetulan dari suku Amungme, Dani dan Moni berkumpul di Timika Regency sejumlah 200 orang berencana menyerang kampung Tunas Matoa, namun berhasil disekat oleh Dalmas dan Brimob Detasemen B Mimika.

Data Korban Luka :

1. Nundi Kogoya
2. Nindus Tabuni
3. Endius Kogoya
4. Ruben Kogoya
5. Kiron Kogoya
6. Roy Wonda
7. Balpin Kogoya
8. Yendinus Wenda
9. Marlon Kogoya
10. Eripan Wenda
11. Yohanis Tabuni
12. Dani Tabuni
13. Yohanes Kum

Data Korban Meninggal Dunia :

1. Lenus Kogoya
2. Timotius Kogoya

Data Korban Materil :

1. 17 unit Rumah dibakar
2. 4 unit motor dirusak
3. 1 unit mobil dirusak

(Berbagai Sumber/Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR