PBHK Siap Advokasi Warga yang Berseteru dengan PT Sintang Raya

PBHK Siap Advokasi Warga yang Berseteru dengan PT Sintang Raya

108
BERBAGI
Sikap Represif Polisi saat Aksi Terkait PT Sintang Raya
Foto: Kisruh PT Sintang Raya dan warga beberapa waktu lalu, Polisi diminta ungkap oknum dalang dibalik kisruh tersebut/ist

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Heri dari Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan (PBHK) menyebutkan jika aksi damai yang dilakukan warga di PT. Sintang Raya pada Sabtu (23/7) kemarin adalah untuk menduduki lahan 11 ribu hektare lebih yang HGU nya telah dibatalkan oleh PTUN.

“Kita dari PBHK akan melakukan pendampingan hukum. Seperti pada aksi kemarin ada satu orang yang ditangkap oleh polisi, dengan alasan orang tersebut melakukan penganiayaan kepada polisi,” katanya melalui pesan tertulis, Selasa (26/7).

Padahal, katanya kejadian sebenarnya tidak seperti itu, karena warga yang diamankan tersebut kebetulan membawa senjata tajam, karena baru pulang dari ladang.

Namun, katanya pada saat itu senjata tersebut ingin dirampas oleh polisi, dan orang itu berusaha mempertahankan senjatanya, sehingga terjadi bentrok.

Ada beberapa masyarakat yang dipukuli oleh oknum polisi. Bahkan ada salah satu diantara perempuan yang didorong dengan oleh oknum polisi hingga menyentuh bagian vital wanita tersebut.

“Kita akan mendampingi hingga kasus ini tuntas sampai ke keputusan, namun bila keputusan dari pengadilan tidak sesuai dengan harapan masyarakat, maka kita akan melakukan upaya banding,” pungkasnya.

(Faisal/Dd)

TIDAK ADA KOMENTAR