Tercatat 43 Warga Negara Asing Bekerja di Kubu Raya

Tercatat 43 Warga Negara Asing Bekerja di Kubu Raya

134
BERBAGI
Foto : Ilustrasi/net

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya mencatat ada 43 orang warga negara asing yang bekerja di Kubu Raya.

“Jumlah tenaga kerja asing itu setiap waktu akan berkurang dan bertambah, karena ada yang izinnya sudah habis, sehingga tenaga kerja asing itu harus mengurusnya kembali ke pusat, karena yang mengeluarkan izinnya bekerja adalah pemerintah pusat,” kata Kadinsosnakertrans Kubu Raya Nursyam Ibrahim ketika ditemui, Kamis (28/7).

Kata dia, kebanyakan tenaga kerja asing yang bekerja di Kubu Raya berasal dari negara Thailand dan Filipina. Dikatakannya, pekerjaan warga negara Thailand lebih dominan pada sektor perkebunan kelapa sawit, dengan posisi jabatan direktur atau manajer, sedangkan pekerjaan warga negara Filipina banyak sebagai berprofesi sebagai guru di sekolah-sekolah bertaraf internasional yang ada di Kubu Raya.

“Izin para pekerja asing yang ada di Kubu Raya memang dikeluarkan oleh pusat. Selanjutnya pekerja asing tersebut diwajibkan untuk melapor ke kami, dan¬†akan kami catat sebagai pekerja asing di daerah,” ucapnya.

Lanjut Fauszi, jika memang ternyata ada ditemukan pekerja asing yang tidak melapor, maka akan diminta keluar dari perusahaan di tempatnya bekerja, walaupun dokumen pekerja asing sudah lengkap, karena tenaga asing itu bisa dikategorikan ilegal walaupun dokumennya telah lengkap.

“Kami juga akan melakukan pengawasan terhadap pekerja asing di Kubu Raya, karena bisa saja visanya adalah kunjungan, namun ternyata warga asing itu ke Indonesia adalah bekerja, dan hal itu akan kita koordinasikan dengan pihak Imigrasi,” pungkasnya.

(Faisal/Dd)

TIDAK ADA KOMENTAR