Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Tes Masuk Untan Jalur Mandiri

Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Tes Masuk Untan Jalur Mandiri

BERBAGI
Seleksi mandiri untan
Foto: Para peserta tes masuk Untan Jalur mandiri/Kurnia

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ribuan calon mahasiswa Universitas Tanjungpura (Untan), Sabtu (30/7) pagi mengikuti tes seleksi melalui jalur mandiri.

Tes seleksi ini tersebar di Fakultas dan Auditorium Untan dan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.45 WIB.
Salah satu penanggungjawab seleksi mandiri Untan Prof.Hidayat.Mp ketika ditemui di Auditorium Untan mengatakan, calon mahasiswa yang mengikuti tes kali ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 6000 lebih saja.

Kata dia, calon mahasiswa yang ikut dalam tes kali ini dibebaskan untuk persyaratan tahun kelulusannya. Tidak sama seperti tes sebelumnya yang mengkhususkan calon mahasiswa dari lulusan tahun 2014, 2015 dan 2016 saja.

“Mahasiswa yang mengikuti tes seleksi mandiri masuk Untan ini adalah calon yang sebelumnya sudah memilih untuk berkuliah di waktu pagi (Reg A) maupun malam (Reg B) pada saat pengisian formulir pendaftaran yang ada di web pendaftaran,” kata dia.
Lanjut Hidayat, untuk soal yang dibebankan kepada seluruh calon mahasiswa dalam seleksi mandiri ini dibuat oleh pihak Untan sendiri yang terdiri dari Tes Kemampuan Skolastik (TKPA) untuk keseluruhan peserta, tes Saintek, tes kemampuan Soshum dan tes kemampuan bahasa.
“Untuk soal tes lainnya dikhususkan bagi calon mahasiswa yang mengambil bidang–bidang sesuai dengan minat masing-masing yang tersebar di sembilan fakultas,” tambahnya.

Pihak Untan, kata Hidayat sudah mengantisipasi potensi adanya kebocoran soal pada tes masuk melalui jalur mandiri kali ini terutama kecurangan yang dilakukan para joki nakal.

Berdasarkan data dari panitia, setidaknya ada 7800 calon mahasiswa yang mengikuti tes melalui jalur mandiri ini. Dari jumlah itu, Untan sendiri akan menerima 3000 ribu mahasiswa baru.

(Kurnia/dd)

 

TIDAK ADA KOMENTAR