Nilai Tunggakan di BPJS Kesehatan Pontianak Capai Rp76 miliar

Nilai Tunggakan di BPJS Kesehatan Pontianak Capai Rp76 miliar

245
BERBAGI
Kenaikan Iuran BPJS Melanggar Nawacita
Foto : Ilustrasi BPJS/ liputan6.com

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Ansharuddin menyebutkan jumlah tunggakan iuran BPJS Kesehatan yang ada di kantor cabang Pontianak mencapai Rp76 miliar, dari angka itu sebanyak 80 persen yang menunggak adalah peserta BPJS mandiri.

“Namun jika dilihat secara nasional, jumlah tunggakan iuran ke BPJS kesehatan jumlahnya triliunan,” jelasnya saat ditemui, Senin (1/8).

Kebijakan dengan menerapkan denda, sebutnya bukan dikeluarkan oleh BPJS, namun dikeluarkan oleh kementerian keuangan lantaran melihat tunggakan yang dilakukan sangat besar jumlahnya.

Untuk mengingatkan peserta agar melunasi tunggakan, pihaknya juga telah bekerjasama dengan salah satu operator komunikasi yang kerjanya adalah mengirimkan pesan kepada peserta yang menunggak iuran, sekaligus nominal uang tunggakan yang harus dilunasinya.

Dikatakannya, untuk target dari BPJS Kesehatan semua warga sudah masuk sebagai peserta JKN, dan untuk Pontianak pada saat sekarang ini jumlah peserta BPJS Kesehatan telah mencapai 60 persen.

“Yang menjadi prioritas dari BPJS adalah badan usaha untuk kepatuhan agar mendaftarkan sebagai peserta JKN,” jelasnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan Kejaksaan untuk kepatuhan badan usaha mendaftar menjadi peserta JKN.

“Selain itu kita juga akan melakuan MoU dengan Gubernur Kalimantan Barat untuk kepatuhan perusahaan ikut menjadi peserta JKN,” pungkasnya.

(Faisal/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR