Pekerja Asing Banyak di Kalbar

Pekerja Asing Banyak di Kalbar

272
BERBAGI
Foto : Ilustrasi Pekerja Asing/halloriau.com

Pontianak, thetanjungpuratimes.com-Sejak masuknya investasi negara asing di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Tenaga Kerja Asing (TKA) mulai membanjiri bumi Khatulistiwa. Khusus enam wilayah kerja di bawah kantor Imigrasi Pontianak, yakni Landak Mempawah, Kubu Raya, Kota Pontianak, Kayong Utara dan Ketapang, tercatat wilayah Ketapang memiliki jumlah TKA yang paling banyak.

“Berdasarkan database kita, jumlah TKA yang ada di Kabupaten Ketapang sebanyak 465 orang. Dari jumlah tersebut, terbanyak berasal dari Tiongkok yang bekerja di sektor pertambangan,” ungkap Kasi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian kantor Imigrasi Kelas 1 Pontianak, Prayitno.

Terkait pengawasan seluruh TKA yang masuk ke enam wilayah di Kalbar ini, lanjut Prayitno, telah terbentuk Sekretariat Tim Pemantau Orang Asing (PORA).

“Tim PORA ini diresmikan langsung oleh Menteri Kemenkum dan HAM. Melalui Tim PORA ini timbul sinergisitas dari instansi terkait, seperti Imigrasi, Disnaker, TNI, Polri dan lainnya, dalam melakukan pengawasan Warga Negara Asing (WNA) ini. Sehingga dengan adanya Tim PORA,  kami sangat terbantu dalam pengawasan WNA,” ungkapnya.

Selain mendapatkan laporan dari pihak perusahaan yang mempekerjakan WNA, ujar Prayitno, Imigrasi Pontianak juga melakukan pemantauan langsung dengan mendatangi keberadaan para WNA atau TKA itu.

“Minimal satu bulan sekali, pemantauan para TKA ini harus dilakukan. Namun karena kurangnya tenaga, hal ini belum dapat kita lakukan,” tuturnya.

Untuk itu, Prayitno berharap, dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Bila melihat, mengetahui dan mencurigai adanya WNA atau TKA, segera informasikan ke pihak berwajib.

(Slamet Ardiansyah/Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR