Pemkab Ketapang Bakal Terapkan Sanksi Tegas ke Pelaku Pembakar Hutan

Pemkab Ketapang Bakal Terapkan Sanksi Tegas ke Pelaku Pembakar Hutan

152
BERBAGI
kebakaran lahan
Foto : Ilustrasi Karhutla/borneoclimatechange.org

Ketapang, thetanjungpuratimes.com –  Pemkab Ketapang menyatakan ketegasannya untuk memberikan sanksi kepada pelaku pembakar hutan dan lahan.

Itu dilakukan mengingat pada tahun 2013 hingga 2015 silam di Ketapang tersebar sejumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan.

Asisten I Setda Ketapang Franseda menegaskan ke depan hendaknya pemerintah daerah bersama masyarakat dapat menjalin sinergisitas guna  bersama menciptakan budaya untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Ini salah satu bentuk pencegahan terjadinya kembali kebakaran memasuki musim kemarau.

Mengenai antisipasi karhutla, kata dia sejumlah langkah pun sudah ditempuh, seperti  kampanye dan sosialiasi kepada masyarakat dan perusahaan.

“Ini dilakukan guna mencegah kebakaran hutan dan lahan memasuki musim kemarau 2016 ini,” katanya.

Dia menegaskan, jika pada tahun 2016  ini masih ditemukan kebakaran hutan maupun lahan dengan sengaja di wilayah perkebunan Ketapang yang dilakukan oleh perseorangan mau pun perusahaan maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas berupa sanksi sesuai hukum yang berlaku.

“Sanksi tegas yang akan diberlakukan kepada pihak perusahaan tersebut mencakup pencabutan izin dari perusahaan itu sendiri dengan memperhatikan mekanisme yang terjadi di lapangan,” ancamnya.

Berdasarkan hasil pentauan pada tahun 2015, kabut asap di Kabupaten Ketapang yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan menjadi penyebab utama  ribuan penderita ISPA pada tahun 2015 silam.

(Ras/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR