Seluruh Fraksi DPRD Sekadau Setujui Raperda RPJMD Jadi Perda

Seluruh Fraksi DPRD Sekadau Setujui Raperda RPJMD Jadi Perda

93
BERBAGI
Penandatanganan Perda RPJMD di DPRD Sekadau
Foto: Penandatanganan Perda RPJMD di DPRD Sekadau/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Seluruh fraksi DPRD Kabupaten Sekadau menyetujui Raperda RPJMD Kabupaten Sekadau menjadi peraturan daerah (Perda).

“RPJMD ini adalah penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam memuat sasaran strategi rencana pembangunan,” ujar Muhammad, juru bicara fraksi PAN DPRD Kabupaten Sekadau di Sekadau, Selasa (2/8).

Dikatakan dia, RPJMD merupakan pedoman untuk melaksanakan tugas selama lima tahun ke depan. Selain itu, lanjutnya, hal itu juga menjadi tolok ukur target pencapaian dan juga menjadi pedoman rencana strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sekadau.

“Dengan segala pertimbangan dan masukan yang telah disampaikan kami dari fraksi PAN menerima RPJMD menjadi Perda,” kata dia.

Sementara itu, Hasan, dari fraksi Partai Demokrat menuturkan, ada pun segala kekurangan yang ada dalam Raperda harus diperbaiki. Apalagi, RPJMD juga menentukan arah pembangunan yang bisa membawa ke arah yang lebih baik untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Sekadau.

“Memang tidak mudah mencapai target yang ditentukan,” ucapnya.

Hasan mengatakan, indikator RPJMD yang harus diperhatikan diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, pengangguran, jumlah penduduk, kesenjangan sosial hingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dikatakan dia, pencapaian pembangunan yang berkualitas, diantaranya ekonomi yang baik dibarengi dengan kesejahteraan masyarakat.

“Peningkatan kualitas IPM juga harus diperhatikan, peningkatan insfrastruktur hingga ke dusun-dusun. Selain itu, peningkatan pada sektor pertanian dan holtikultura juga harus diperhatikan,” kata dia.

Selain itu, dia menilai perlunya pemetaan setiap kecamatan. Hal ini pun untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kecamatan sehingga hal itu bisa menjadi dasar untuk pembangunan.

Sementara itu, Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, penetapan Raperda RPJMD menjadi Perda sudah melalui berbagai kajian yang telah dilakukan. Untuk itu diharapkan RPJMD bisa dilaksanakan, dimonitoring dan dievaluasi setiap tahunnya.

“Apalagi sebelum penetapan ini, RPJMD sudah dibahas dalam rapat gabungan komisi. Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada DPRD dan SKPD sehingga mampu mengaktualisasikannya dengan baik,” ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini mengatakan, ada pun target yang ada harus menjadi tanggung jawab bersama. Ia mengatakan, hal yang juga diperlukan seluruh stakeholder untuk mengawasi dan mengevaluasinya.

“Tidak lupa juga peran aktif semua pihak, swasta maupun masyarakat pada umumnya. Ini juga nantinya akan disampaikan kepada gubernur,” pungkasnya.

(Yahya/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR