Antisipasi Isu SARA, Pemkab Sekadau Gelar Rapat Lintas Sektoral

Antisipasi Isu SARA, Pemkab Sekadau Gelar Rapat Lintas Sektoral

97
BERBAGI
Ilustrasi Sara
Foto: Ilustrasi/net

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Sekadau, Rabu (3/8) menggelar rapat lintas sektoral yang dipimpin Bupati Rupinus. Rapat ini terkait antisipasi isu SARA yang berpotensi terjadi seperti di Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Bupati Rupinus dalam arahannya menegaskan perlu adanya penyampaian atau imbauan dari para tokoh agama adat dan budaya kepada masyarakat.

“Perlu adanya pemotongan informasi jika informasi yang menyebar merupakan provokatif,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati agar masyarakat Kabupaten Sekadau tidak mudah terprovokasi dengan informasi dan isu yang dapat memecah belah masyarakat serta menimbulkan kekisruhan.

“Bekerja seperti biasa, yang terjadi di Sumatera jangan kita ikuti,” tegas Bupati.

Di tempat yang sama, Kapolres Sekadau, AKBP Mulskihun dalam paparanya menyatakan sampai dengan saat ini situasi Kabupaten Sekadau masih kondusif dan terkendali.

Polres Sekadau, kata Kapolres, sudah melakukan langkah antisipasi dengan melakukan silaturahmi ke tokoh agama dan mengumpulkan para tokoh agama serta tokoh masyarakat dan adat.

“Dilihat dari potensi yang ada, Kabupaten Sekadau terdiri dari beragam suku dan agama, untuk itu dibutuhkan pengelolaan yang baik dalam mencegah terjadinya konflik antar pemeluk agama dan suku,” ujar Muslikhun.

Sementara, Wakil ketua DPRD Sekadau, Yefrai Raja Tugam mengatakan sampai saat ini konflik antarsuku ras dan agama serta golongan tidak terjadi di Kabupaten Sekadau.

“Tapi harus tetap diwaspadai adanya provokasi dari luar yang dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat Kabupaten Sekadau,” ucapnya.

(Yahya/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR