Kapal Pembawa 1000 Ton Pupuk Karam di Perairan Pemangkat, 11 ABK Selamat

Kapal Pembawa 1000 Ton Pupuk Karam di Perairan Pemangkat, 11 ABK Selamat

3592
BERBAGI
Kapal Pembawa 1000 Ton Pupuk Tenggelam di Perairan Pemangkat
Foto: Kapal yang tenggelam/Dispen Lantamal XII

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kapal KM Sinar Usaha Jaya 2 tenggelam di perairan Pemangkat tepatnya di depan pulau Kalangbau sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (3/8).

Kasat Polair Polres Sambas, AKP Aam Kudussalam ketika dikonfirmasi, Kamis dinihari (4/8), menceritakan kapal dengan tujuan Pangkal Balam, Pangkal Pinang itu bermuatan pupuk oganik granule petroanik sebanyak 25 ribu sak, dengan berat 1.000 ton.

“11 ABK termasuk satu nakhoda bernama Suleman Umar yang berada di dalam kapal berhasil dievakuasi kedarat,” kata Aam.

Kata Aam, kejadian kapal karam berawal dari keberangkatan kapal dari pelabuhan Sintete dengan tujuan Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

“Setelah mulai berlayar pada saat berada sekitar di posisi lampu hijau dengan jarak 10 mil dari muara Pemangkat. Kapal mengalami kerusakan mesin pendingin, kemudin kapal lego jangkar dan mati mesin induk guna perbaikan selama 4 hari,” tutur Aam.

Nahkoda katanya kemudian memutuskan balik arah, kembali ke muara Pemangkat guna perbaikan mesin lebih lanjut, namun pada Rabu (3/8), posisi kapal terakhir lego jangkar 500 meter dari pulau Kalangbau, karena arus laut  pasang yang kuat. Kapal kemudian hanyut, dengan posisi buritan kapal lambung kiri menubruk batu yang berada di sekitar pulau Kalangbau.

“Akibatnya kapal bocor pada lambung mesin kiri dan tenggelam,” jelas Aam.

Sat Polair Polres Sambas, lanjut Aam mengetahui hal tersebut segera mengevakuasi kru kapal. Evakuasi ABK kapal oleh Sat Polair dibantu nelayan setempat.

“Seluruh ABK selamat dievakuasi. Akibat kejadian tersebut kerugian diperkirakan mencapai Rp3 miliar. Sementara kapal saat ini pada posisi masih di Kalangbaau, dengan kondisi karam ke kanan,” ungkap Aam.

(Gindra/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR