“Pamsimas” Bantu Penuhi Kebutuhan Air Bersih

“Pamsimas” Bantu Penuhi Kebutuhan Air Bersih

145
BERBAGI
Foto: Kegiatan Sosialisasi Pamsimas III di Aula Bappeda Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Antonius L. Ain Pamero  membuka Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Bappeda, Kamis (4/8) pagi.

Pada kesempatan itu Wabup menegaskan pelayanan air bersih dan sanitasi di Bumi Uncak Kapuas harus lebih baik kedepannya.

“Pamsimas ini dapat membuka akses penyediaan air minum dan santitasi secara berkelanjutan di pedesaan, dari itu program ini sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, khususnya air bersih,” ungkap Anton.

Terkait pemenuhan air bersih itu sendiri, kata Wabup, PDAM harus lebih berkerja keras dan inovatif. Pemda sendiri terus mendukung PDAM dalam menangani air bersih di daerah, tahun 2015 lalu Pemda memberi penyertaan modal ke PDAM untuk meningkatkan sarana air bersih di Bumi Uncak Kapuas, disisi lain ada lagi program Pamsimas tahun ini.

“Dengan adanya program ini diharapkan kebutuhan air bersih dan sanitasi untuk masyarakat tercapai secara maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, Kabupaten Kapuas Hulu belum terlambat dalam melaksanakan program air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat. Ini menjadi hak dasar yang harus dipenuhi, Pemda mengkawal program Pamsimas itu sesuai kapasitas, sehingga kebutuhan air bersih dan sanitasi secara bertahap dapat terpenuhi.

Program Pamsimas ini, menurut Wabup sudah dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu sejak tahun 2008-2012 (Pamsimas I) kemudian Pamsismas II dari tahun 2013-2015 selanjutnya Pamsimas III 2016-2019. Sosialisasi Pamsimas III ini sendiri dilakukan di 20 camat se-Kapuas Hulu.

“Selain menuntaskan masalah air bersih dan sanitasi, saya berharap Pamsimas ini bisa menjadi daya dukung prilaku hidup bersih dan sehat, kemudian mengentaskan kemiskinan dengan pembangunan berbasis masyarakat,” tutupnya.

Ditambahkan, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Rusdi Hartono, program Pamsimas III tahun 2016-2019 dibuat untuk mendukung program nasional, yakni program air minum dan sanitasi layak.

“Kita di Kapuas Hulu mendapat kesempatan dari pemerintah pusat melaksanakan program tersebut. Ruang lingkupnya pemberdayaan masyarakat. Penyediaan air minum merupakan urusan wajib,” ujarnya.

Dia menambahkan, tahun 2014 masyarakat yang sudah menikmati air bersih mencapai 75 persen, kemudian 32 persen yang sudah menikmati sanitasi layak.

“Untuk pelaksanaan program Pamsimas III, nantinya dilaksanakan bertahap untuk kecamatan, bagi yang belum dilaksanakan tahun ini akan menyusul tahun berikutnya,” tutupnya.

(yohanes/dd)

 

TIDAK ADA KOMENTAR