Discapilduk Kubu Raya Lakukan Perekaman Mobile KTP Elektronik

Discapilduk Kubu Raya Lakukan Perekaman Mobile KTP Elektronik

92
BERBAGI
Foto : Ilustrasi e-KTP

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melakukan perekaman mobile program kartu tanda penduduk elektronik terhadap masyarakat di Desa Teluk Pakedai I.

“Alhamdulillah, sebanyak 90 warga yang sebelumnya belum memiliki KTP Elektronik sudah melakukan perekaman mobile untuk program KTP Elektronik oleh Discapilduk Kubu Raya,” kata Kepala Desa Teluk Pakedai I, Edy saat dihubungi di Teluk Pakedai, Jumat (5/8).

Ia menjelaskan, dengan telah dilakukan sistem “jemput bola” tersebut, maka tinggal 23 warga masyarakat Desa Teluk Pakedai I yang belum melakukan perekaman, dikarenakan terkendala tidak adanya kelengkapan administrasi.

“Dari sekitar 782 warga desa kami yang berusia 17 tahun ke atas, tinggal sekitar 23 orang saya yang hingga kini belum memiliki KTP Elektronik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kades Teluk Pakedai I menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Discapilduk Kubu Raya yang telah mendatangkan peralatan langsung ke desanya guna melayani masyarakat untuk melakukan perekaman untuk KTP Elektronik.

“Kami berharap model pelayanan jemput bola ini, terus dilakukan, dan termasuk pelayanan lainnya, sehingga bisa membantu masyarakat, karena jarak Desa Teluk Pakedai I dengan ibu kota kabupaten cukup jauh, yakni bisa menggunakan transportasi sungai dan darat yang memerlukan waktu dua hingga tiga jam,” ujarnya.

Sementara itu, staf Discapilduk Kubu Raya, Maman menyatakan, program mobile KTP Elektronik tersebut, guna memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman program KTP Elektronik.

“Perekaman KTP Elektronik ini, kami lakukan tanpa dipungut biaya yang digelar di Pondok Informasi Perikanan milik Desa Teluk Pakedai I,” ujarnya.

Desa Teluk Pakedai I, dihuni oleh sekitar 326 kepala keluarga, 1.180 jiwa dengan luas sawah pasang surut sekitar 200 hektare, perkebunan sekitar 1.395 hektare, luas kehutanan sekitar 2.000 hektare, dan luas pemukiman sekitar 50 hektare atau total seluas 7.000 hektare.

Desa Teluk Pakedai I termasuk kategori desa tertinggal yang terletak di daerah pesisir pantai dan minim pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya.

Saat ini akses jalan utama desa yang ada hanya jalan semen dengan lebar 1,5 meter yang sebagian besar rusak, sehingga masyarakat sulit untuk memasarkan hasil pertanian mereka.

(Ant/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR