Tim Gabungan Apel Operasi Bina Karuna, Cegah Karhutla di Sekadau

Tim Gabungan Apel Operasi Bina Karuna, Cegah Karhutla di Sekadau

102
BERBAGI
Karhutla di Kalbar
Foto : ILustrasi kebakara hutan dan lahan/ pedomanbengkulu.com

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Polsek Sekadau Hilir, Danramil dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau menggelar apel gabungan dalam rangka operasi Bina Karuna 2016.

Apel ini sebagai upaya pencegahan terhadap kebakaran hutan, lahan dan kebun. Tak hanya upaya pencegahan upaya penanganan juga dilakukan jika terjadi karhutla agar tidak menyebar luas.

“Tadi disampaikan tentang tindakan dan langkah-langkah yang harus ditangani saat terjadinya karhutlabun,” ujar Kapolsek Sekadau Hili AKP Muhadi, pada Kamis (4/8).

Ia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan patroli baik ke lahan milik masyarakat hingga menemui pemilik lahan tersebut. Hal ini kata dia, merupakan upaya pencegahan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman agar tidak terjerat atau melanggar hukum karena ketidaktahuannya karena membakar lahan. Dampaknya sangat besar, selain merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain karena asap yang ditimbulkan,” kata dia.

Untuk itu, ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Terlebih, saat ini Sekadau siaga karhutlabun.

(Yahya/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR