Mobil Eletrik Karya Mantan Anggota Mekanik Polres Ketapang

Mobil Eletrik Karya Mantan Anggota Mekanik Polres Ketapang

BERBAGI
Foto : Supriyanto dan mobil listriknya/Ras

Ketapang, thetanjungpuratimes.com-Melalui tangan Supriyanto, mantan teknisi elektro Polres Ketapang ini berhasil membuat karya sebuah mobil mini elektrik dengan kapasitas kurang lebih dua ratus lima puluh cc.

Mobil yang diberinya nama fri elektrik C ini mampu menghasilkan tenaga dengan dua fungsi, salahsatunya dengan menghasilkan tenaga listrik 220 vol, kurang lebih berdaya 1.200 watt, dengan didukung baterai energi  120 ah 24 vol.

Mobil dicanangkan dengan kecepatan maksimal 60-70 km per perjam, namun saat ini masih dalam tahap penyelesaian di rumahnya yang terletak di jalan Kolonel Sugiono, Gang Deli, nomor 28.

“Harapan saya, bahwa Ketapang juga bisa merakit sebuah mobil ramah lingkungan dan hemat energi dan menjadikan Ketapang sebagai kota industri yang dibangggakan” ujar Supriyanto, saat ditemui pada Jumat (12/8) siang.

Mobil fri elekrik C ini berjenis sport dan hanya bermuatan dua personil, yang akan ditambahkan solar sel sebagai sumber energi isi ulang tenaga.

“Untuk membuat sebuah mobil saya membutuhkan waktu sampai satu bulan lebih. Dan mobil dibuat dengan kerangka besi, siku baja beton dan plat lapisan body menggunakan payber clas yang masih dalam perencanaanya,” jelasnya. Mobil elektrik ini akan dikembangkan lebih lanjut tergantung anggaran yang dimilikinya.

“Jangan kita ketergantungan sama bangsa atau negara luar, kita buktikan bahwa bangsa Indonesia juga bisa ciptakan mobil, walau dengan barang bekas dan semua dalam keterbatasan alat,” tutupnya.

(Ras/Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR