Menlu AS Sebut ASEAN Berperan Jaga Stabilitas Kawasan

Menlu AS Sebut ASEAN Berperan Jaga Stabilitas Kawasan

102
BERBAGI
Foto: Menlu AS John Kerry

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengatakan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berperan penting dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia.

“Peran ASEAN sangat sentral dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia,” ujar Menlu AS John Kerry pada pertemuan para Menlu ASEAN-AS di New York, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima di Jakarta, Senin (26/8).

Pertemuan antara para menlu ASEAN dan menlu AS, yang dilaksanakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, juga dihadiri oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Menurut Menlu RI, hubungan ASEAN-AS dalam 10 tahun terakhir terus menguat. ASEAN dan AS telah memiliki kemitraan strategis pada 2015.

“Kerja sama ekonomi tumbuh dengan pesat dan banyak inisiatif yang dibuat kedua pihak, termasuk ‘ASEAN-US Connect’ yang akan dilaksanakan di Jakarta,” ungkap Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI juga menyampaikan bahwa kerja sama maritim antara negara anggota ASEAN dan AS merupakan fokus kerja sama yang perlu diprioritaskan ke depan.

Menanggapi hal itu, Menlu Kerry mengatakan bahwa pemerintah AS sangat menghargai rencana Indonesia menjadi tuan rumah Our Ocean Conference pada 2018.

Selanjutnya, Menlu Retno secara khusus juga menyampaikan harapan agar Amerika Serikat tetap menjadi negara yang terbuka, toleran dan berkontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan dunia.

(Ant/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR