FIFA Berencana Tambah Jumlah Peserta Piala Dunia

FIFA Berencana Tambah Jumlah Peserta Piala Dunia

171
BERBAGI
Foto : Timnas Jerman merayakan keberhasilannya merebut Piala Dunia 2014 di Brasil/suara.com

Thetanjungpuratimes.com-Federasi sepak bola dunia (FIFA) sedang mempertimbangkan untuk menambah jumlah peserta putaran final Piala Dunia, dari yang saat ini hanya berjumlah 32 tim menjadi 40 bahkan 48 negara. Perubahan ini rencananya digulirkan mulai Piala Dunia 2026.

“Berdasarkan diskusi dalam sebuah semangat positif, Piala Dunia 2026 mungkin akan berubah menjadi sebuah kompetisi berformat 40 atau 48 tim,” demikian bunyi pernyataan resmi FIFA pada Jumat (14/10/2016).

FIFA mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus mempelajari opsi-opsi alternatif dan keputusan akhir soal perubahan format ini akan disampaikan pada pertemuan pada bulan Januari tahun depan.

Pada tengah pekan ini Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan, bahwa para elit di organisasi itu mendukung perubahan format itu dan yakin penambahan jumlah peserta akan membuat turnamen empat tahunan itu akan semakin populer di dunia.

Infantino juga mengatakan bahwa penambahan peserta Piala Dunia akan dipertimbangkan semata-mata demi alasan yang berhubungan dengan olahraga, bukan karena politik atau finansial.

Adapun Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia dan Piala 2022 sudah ditetapkan di Qatar. Sementara keputusan lokasi Piala Dunia 2026 baru akan diputuskan pada Januari.

(ESPN/suara.com/Muhammad)

TIDAK ADA KOMENTAR