31 Perusahaan Sawit Tersebar di Sambas

31 Perusahaan Sawit Tersebar di Sambas

BERBAGI
Foto : Ilustrasi Lahan perkebunan kelapa sawit/net

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala sub bidang Pendataan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan
Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Sambas, Muh Rasidi mengatakan Hingga September 2016, terdapat 31 perusahaan sawit tersebar di Kabupaten Sambas.

Kurang lebih 266.412,36 Hektare jumlah informasi lahan yang diterbitkan dihitung berdasarkan perusahaan yang aktif dan beberapa perusahaan yang memiliki lebih dari satu informasi lahan.

Dikatakan sesuai data jumlah informasi lahan, izin lokasi, IUP dan HGU hingga September 2016. Ada sekitar 31 perusahaan sawit yang aktif di Sambas.

“Data terakhir (September 2016) jumlah yang dikeluarkan berdasarkan perusahaan yang aktif ada 31 perusahaan perkebunan, dan ini dikeluarkan sejak 2004,” ujar Rasidi, Kamis (20/10).

Dari 31 perusahaan tersebut diklasifikasikan. Sebanyak 43 jumlah informasi lahan perusahaan perkebunan yang diterbitkan ada sekitar 266.412,36 Hektare jumlah informasi diterbitkan dihitung berdasarkan perusahaan yang aktif dan beberapa perusahaan yang memiliki lebih dari satu informasi lahan.

Kemudian menurut Rasidi ada sekitar 41 izin lokasi yang diterbitkan dengan luasan lahan sekitar 257.284,23 Hektare berdasarkan izin perusahaan yang aktif dan ada yang memiliki lebih dari satu izin.

Ada sekitar 38 IUP yang diterbitkan dengan lahan sekitar 184.178,62 Ha Jumlah IUP berdasarkan perusahaan yang aktif dan ada beberapa perusahaan yang lebih dari satu IUP. Serta ada sekitar 14 HGU dengan luasan sekitar 63.186 Hektare kewenangan penertiban HGU ada pada BPN.

Di Sambas jelas Rasidi, kebun sawit dari 31 perusahaan sawit yang ada tersebar di sebelas kecamatan di Kabupaten Sambas. Mulai dari Sajingan Besar, Galing, Sejangkung, Paloh, Teluk Keramat, Subah, Sebawi, Tebas, Selakau Timur, Sambas, Tangaran.

“Hanya ada beberapa kecamatan yang tak ada perkebunan sawit
perusahaan. Diantaranya Kecamatan Pemangkat, Semparuk, Jawai, Jawai Selatan, Tekarang, Salatiga, Selakau,” terang Rasidi.

(Ant/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR