Satu Truk Kayu Olahan Ilegal Diamankan Polres Bengkayang

Satu Truk Kayu Olahan Ilegal Diamankan Polres Bengkayang

322
BERBAGI
Foto: Kayu olahan ilegal yang diamankan Polres Bengkayang/Ist

Bengkayang, thetanjungpuratimes.com – 88 batang kayu olahan tanpa dokumen diamankan jajaran Polres Bengkayang, di Dusun Sungai Mau, Desa Suka Maju, Kecamatan Sui Betung Kabupaten Bengkayang, Selasa (25/10).

Kapolres Bengkayang AKBP Bambang Irawan, dalam pesan tertulisnya mengatakan, kayu tersebut diduga berasal dari hutan lindung Gunung Bawang, kabupaten Bengkayang, yang akan dijual ke kota singkawang.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bengkayang AKP Novrial Alberti Kombo mengungkapkan  kayu tersebut diamankan saat dibawa menggunakan truk bernomor polisi KB 9079 CA.

“Pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 anggota Polres Bengkayang mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada orang yang mengangkut kayu yang diduga ilegal,” kata Novrial melalui pesan singkat yang diterima, Rabu (26/10).

Mendapat informasi  ersebut, lanjut dia, anggota langsung berangkat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Setelah tiba di TKP sekitar jam 15.30 WIB, lantas pihaknya menemukan satu unit  truk bermuatan kayu.

“Kami mengamankan tersangka atas nama Eko Sanjaya sebagai pemilik kayu dan Victor yang bertindak sopir truk tersebut, karena tidak bisa menujukkan dokumen kayu itu. Barang bukti yang diamankan yaitu kayu olahan dengan panjang 4 meter berjumlah 83 batang, dan kayu olahan jenis (kasau) ukuran panjang 4 meter berjumlah 5 batang,” ungkapnya.

AKP Novrial Alberti Kombo, menyebut kasus ini telah melangar pasal Pasal 83 ayat (1) Huruf B UU RI nomor 18 tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan.

“Saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polres Bengkayang untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR