Sutarmidji: Anak SD Jangan Dibebani dengan Banyak Pelajaran

Sutarmidji: Anak SD Jangan Dibebani dengan Banyak Pelajaran

BERBAGI
Foto: Wali Kota Pontianak Sutarmidji

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak Sutarmidji beranggapan bahwa anak usia Sekolah Dasar (SD) tidak perlu dibebani dengan pelajaran yang begitu banyak.

“Jangan sampai terlalu capek anak itu, misalnya sudah sekolah dikasi les lagi sampai malam itu tidak boleh, tidak baik untuk perkembangan anak,” kata Sutarmidji, di Pontianak  Selasa (15/10).

Sutarmidji mengatakan setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya menjadi orang yang pintar, namun jangan sampai keinginan itu menghilangkan hak anak untuk bermain.

“Anak perlu diajari pendidikan karakter, dengan demikian anak akan menjadi cerdas, dalam artian bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika pintar gampang bentuknya, cerdas dan berkarakter itu sulit,” ulasnya.

Sehingga, lanjut Midji sapaan akrabnya, anak harus dibiasakan keluar ke tempat-tempat selain sekolah, yang di sana dia juga bisa mendapatkan pendidikan. Namun tetap pendampingan dari orang tua harus dominan. Seperti menonton acara televisi, jalan-jalan ke taman dan lain-lain.

“Misalnya anak saya jika diajak ngomong yang lagi ramai di televisi dia juga tahu. Mulai dari kasus Jessica sampai terpilihnya Presiden AS Donald Trump diikutinya. Dan memang anak harus diajak diskusi, diajak berpikir, jangan semuanya didapat di sekolah, orangtua juga bisa mendampingi yang seperti itu,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR