13 SMA di Bengkayang Belum Terakreditasi

13 SMA di Bengkayang Belum Terakreditasi

209
BERBAGI
Ilustrasi sekolah
Foto: Ilustrasi/net

Bengkayang, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 13 sekolah tingkat SMA Negeri sederajat di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, belum terakreditasi.

“Kondisi belum terakreditasi tentu menjadi masalah serius ditambah lagi jarak tempuh sekolah juga sangat jauh,” ujar Kabid Pendidikan Tinggi SMA/SMK Negeri Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Munir saat dihubungi di Bengkayang, Minggu (20/11).

Ia menambahkan, dari 13 sekolah tersebut akan beralih status ke provinsi sesuai amanah undang-undang. Ke depan berhubung tidak terkareditasi maka untuk dapat menyelengarakan ujian nasional harus bergabung dengan sekolah yang terakreditsi minimal B.

“Belum terakreditasinya sekolah-sekolah tersebut ikut menambah beban siswa yang bertempat tinggal jauh seperti Kecamatan Siding dan Jagoi Babang saat mengikuti ujian nasional karena harus mengeluarkan biaya cukup besar seperti untuk penginapan, tranportasi dan konsumsi,” kata dia.

Ia berharap sekolah yang belum terakreditasi ketika menjadi kewenangan provinsi pada 1 Januari 2017 bisa diprioritaskan untuk diakreditasi.

“Ke depan setelah sekolah beralih status ke provinsi terakreditasi sehingga dapat menyelenggarakan ujian sendiri. Dengan begitu tidak menambah beban biaya bagi siswa bersama orang tua siswa,” kata dia.

Dari data pihaknya untuk total Sekolah Menengah Atas di Bengkayang sebanyak 33 sekolah. Pihaknya dalam menyelenggarakan proses pendidikan di Bengkayang terus meningkatkan kapasitas dan mutu pendidikan.

(Ant/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR