Empat lokasi di Kubu Raya Menjadi Pusat Kegiatan Robo-Robo

Empat lokasi di Kubu Raya Menjadi Pusat Kegiatan Robo-Robo

BERBAGI
Foto: Kegiatan makan bersama dalam kegiatan robo-robo di Kubu raya/Istimewa

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Ribuan masyarakat memadati lokasi pelaksanaan puncak ritual robo-robo di Kabupaten Kubu Raya yang dipusatkan diempat lokasi yaitu di Keraton Kubu, Keraton Kerta Moelie Teluk Pakedai, Pasar Sungai Kakap, dan Gg. Besar Kecamatan Sungai Raya.

Mereka datang dari berbagai daerah baik dari Kubu Raya dan luar Kubu Raya seakan tak ingin melewatkan rangkaian demi rangkaian acara yang akan memeriahkan puncak ritual Robo-Robo di Kubu Raya.

Tak hanya dapat melihat berbagai acara seni dan budaya serta perlombaan yang dilaksanakan dalam kemeriahan Robo-Robo, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan serta berbelanja dari berbagai stand ekonomi kreatif di sekitar lokasi pelaksanaan.

Pelaksanaan kegiatan robo-robo wujud konsistensi pelestarian nilai kearifan lokal budaya tak benda berkelanjutan, apalagi Direktorat internalisasi nilai dan budaya pada 17 September 2016 telah menetapkan robo-robo sebagai bagian warisan budaya tak benda nasional dari 96 karya warisan tak benda.

“Kita mendapatkan penyerahan pengakuan pemerintah pusat nilai budaya warisan tak benda,” ujarnya Rusman Ali saat menghadiri kegiatan tersebut di Teluk Pakedai dan Sungai Kakap.

Kemudian, katanya Pemkab bersama keraton Kraton dan kerajaan yang ada di Kubu Raya serta masyarakat pelestari budaya sudah melaksanakan berbagai acara dan kegiatan selama sepekan dan puncaknya pada tgl 30/11/16.

“Kemudian tanggal 30 Nopember ini dilaksanakan ritual robo-robo di beberapa titik di Kubu Raya, ini kekayaan budaya kita yang harus kita tetap jaga bersama dan lestarikan,” ujarnya.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali juga meminta agar kegiatan tersebut dikemas lebih nenarik dengan berbagai kegiatan seperti pemilihan buhang dan dare atau istilah bugis yang tepat. Sehingga generasi muda dapat mengerti dan dikenalkan sejak dini tentang nilai-nilai budaya yang ada dalam pekan robo-robo.

Berbagai perlombaan sebagai eksplore kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan koordinator lomba yaitu lomba sampan dragon boat, sampan bidar, layangan, panjat pinang, gasing serta pasar rakyat oleh panitia lokal dimasing-masing tempat.

(Viky/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR