Warga Antusias Menyaksikan Pembuatan Pengkang Raksasa di Peniti

Warga Antusias Menyaksikan Pembuatan Pengkang Raksasa di Peniti

BERBAGI
Foto: Pembuatan Pengkang Raksasa di Peniti, Mempawah/Hamzah

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Ribuan pengunjung dari berbagai daerah mepadati halaman restoran Pengkang yang terletak di jalan raya Peniti kecamatan Siantan guna menyaksikan pembuatan Pengkang raksasa sepanjang 7 meter Rabu(30/11).

Pembuatan pengkang raksasa itu sendiri diprakarsai oleh Hj Khaerani yang juga legislator PKB di kabupaten Mempawah, dirinya merasa terinspirasi ketika melihat pembuatan kue keranjang terbesar di Singkawang pada waktu silam.

“Untuk pengkang khas Kabupaten Mempawah hak ciptanya sudah dipatenkan dengan bercirikan jepitan bambu, dan diikat tali bundung,” jelasnya.

Pembuatan pengkang raksasa ini, katanya memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, karena untuk pekerjanya saja harus disiapkan sekitar tujuh puluh orang dari proses awal hingga selesai pembakaranya, sedangkan bahan yang digunakan pulut sebanyak 400 kg, buah kelapa 400 biji, dan 15 kg udang ebi.

Dirinya sengaja menyelenggarakan kegiatan ini bertepatan dengan hari event budaya robo-robo adalah ajang untuk menjalin silaturahmi kepada seluruh masyarakat Segedong dan Siantan.

Pengkang raksasa itu sendiri dibagikan secara cuma cuma dan gratis kepada seluruh pengunjung, meskipun dana yang dipakai dalam kegiatan ini cukup besar, keinginannyaa cuma satu yaitu bagaimana Mempawah bisa dikenal diluar.

(Hamzah/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR