Jaksa Punya Alasan Kuat Tahan Ahok

Jaksa Punya Alasan Kuat Tahan Ahok

BERBAGI
Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Noor Rachmad (kanan). Foto: Antara

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Kejaksaan Agung disebut memiliki alasan kuat untuk langsung menahan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka dugaan kasus penistaan agama setelah menerima penyerahan tersangka dari polisi pagi ini.

Pentolan Advocat Cinta Tanah Air, Habiburokhman, mengatakan ada dua hal penting yang dapat dijadikan alasan oleh kejaksaan agung untuk menahan Ahok.

“Pertama, tidak terdapat keraguan diantara para Jaksa yang menangani kasus ini soal pemenuhan unsur pidana yang dilakukan Ahok,” katanya kepada Rimanews, hari ini.

Hal ini berbeda dengan apa yang disebutkan Kapolri terjadi di tingkat penyelidikan dimana secara garis besar disebutkan ada sebagian penyelidik yang tidak yakin terpenuhinya unsur pidana.

“Kedua, Ahok telah memenuhi syarat obyektif dan subyektif untuk ditahan sebagaimana diatur di pasal 21 KUHAP. Pemenuhan syarat obyektif karena ancaman hukuman pasal 156a yang dituduhkan padanya lebih dari 5 tahun dan syarat subyektifnya karena dia sangat berpotensi mengulangi tindak pidana,” terang dia.

Menurut Habiburokhman, Kejaksaan Agung berkepentingan menepis adanya diskriminasi hukum dalam kasus-kasus penodaan agama.

(Rimanews/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR