Kapal Tengelam di Perairan Ketapang, Enam ABK dan Kapten Berhasil Selamat

Kapal Tengelam di Perairan Ketapang, Enam ABK dan Kapten Berhasil Selamat

397
BERBAGI
Foto : Ilustrasi

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Kapal KLM Maju Bersama dari Gresik dengan tujuan Pontinak yang membawa pupuk, dan alat-alat kelontong rumah tangga tenggelam di perairan wilayah utara pulau Cabe kecamatan Kendawangan kabupaten ketapang pada Kamis (1/12).

Beruntung dalam peristiwa tengelamnya kapal yang mengakut barang tersebut, enam orang Anak Buah Kapal (ABK), dan seorang kapten kapal berhasil selamat dalam peristiwa itu.

Salah seorang petugas Basarnas Ketapang, Handoko menyebutkan tenggelamnya kapal tersebut karena lambung kapal mengalami kebocoran setelah di hantam cuaca buruk saat berada di laut.

“Meski sudah dilakukan pemompaan dengan menggunakan mesin pompa, namun dengan derasnya air yang masuk ke dalam kapal membuat upaya tersebut sia-sia,” terangnya, Senin (5/12).

Menurutnya, dalam insiden tersebut Basarnas berhasil melakukan evakuasi terhadap para ABK kapal tersebut setelah mereka dan kapten kapal hanyut dibawa arus menggunakan rakit yang dibuat dari drum hingga ke wilayah Tanjung Batu.

Selanjutnya seluruh ABK, dan kapten kapal sudah di bawa ke Pontianak untuk dilakukan pemeriksaan terkait tenggelamnya kapal tersebut.

Handoko mengimbau kepada seluruh penyedia jasa transportasi air, maupun kapal-kapal yang hendak melalui perairan Ketapang untukselalu waspada, dan memeriksa kembali  kondisi kapal sebelum berlayar, hal itu penting untuk dilakukan mengingat kondisi cuaca yang saat ini kerap berubah-ubah.

(Ras/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR