Jet Hornet Amerika Jatuh di Jepang, Pilot Hilang

Jet Hornet Amerika Jatuh di Jepang, Pilot Hilang

BERBAGI
Foto: Ilustrasi pesawat jet/Net

Jepang, thetanjungpuratimes.com – Jet tempur F/A-18 Hornet milik Korps Marinir Amerika Serikat terjatuh di Jepang, kata pejabat militer kepada CBS News, di hari peringatan 75 tahun serangan Pearl Harbor.

Pilot yang berasal dari 1st Marine Aircraft Wing, Okinawa, berhasil melontarkan diri keluar pesawat yang jatuh hari ini sekitar pukul 16.40 waktu setempat tapi masih dinyatakan hilang, kata Korps Marinir AS dalam sebuah pernyataan.

Upaya pencarian sudah dilakukan. Penyebab jatuhnya pesawat dan nasib pilot hingga kini belum diketahui.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter tengah berada di Jepang untuk memperingati peristiwa Pearl Harbor, dia ia menyamapaikan pidato bersama Menhan Jepang Tomomi Inada pada Rabu.

“Ini adalah bukti kekuatan aliansi kami dan karakter masyarakat Jepang 75 tahun setelah Pearl Harbor, sahabat sekaligus timpalan, Menteri Inada, dan saya bisa berdiri berdampingan dengan bangga dan membahas bagaimana kedua negara dapat memperkuat keamanan kawasan bersama,” kata Carter.

Dia menekankan pandangannya terkait hubungan AS-Jepang yang tak pernah sekuat ini. “Kepentingan Amerika di kawasan ini abadi,” katanya mengacu pada spekulasi mengenai arah kebijakan Presiden terpilih Donald Trump di Asia Pasifik.

Korps Marinir AS memiliki setidaknya dua instalasi udara di Jepang, termasuk pangkalan besar di Okinawa.

(Rimanews/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR