Pemkot Pontianak Diganjar Penghargaan Atas Komitmennya dalam Kesetaraan Gender

Pemkot Pontianak Diganjar Penghargaan Atas Komitmennya dalam Kesetaraan Gender

143
BERBAGI
Foto : Penyerahan Penghargaan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Yohana Yembise kepada Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Satu lagi penghargaan diterima Kota Pontianak menjelang penghujung tahun 2016.

Adalah Anugerah Parahita Ekapraya (APE), penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA)Yohana Yembise kepada Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Gedung Auditorium Ir Soejarwo, Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (21/12) malam.

Kota Pontianak meraih kategori Tingkat Pratama. Edi mengatakan, Pengarustamaan Gender di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak telah lama diimplementasikan dengan memberikan proporsi bagi kaum perempuan dalam menduduki jabatan birokrasi.

Tidak sedikit jabatan eselon yang diamanahkan kepada kaum perempuan. Bahkan, beberapa posisi jabatan yang diduduki kaum perempuan itu tidak mesti di bidang yang berkaitan feminisme.

Jabatan yang umumnya diemban kaum pria, justru di jajaran Pemkot jabatan-jabatan itu dipimpin oleh kaum perempuan.

“Misalnya, Kasat Pol PP, Kepala Dishubkominfo, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, beberapa camat dan lurah, dan banyak lagi jabatan yang diisi oleh kaum perempuan,” sebutnya.

Ia menilai, di Kota Pontianak sudah banyak kalangan yang memahami PUG. Bahkan, untuk Ketua RT pun banyak kaum wanita yang memegang jabatan itu.

“Dan ini dibuktikan dengan tidak ada lagi profesi-profesi yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, termasuk RT juga sudah banyak dari kalangan perempuan,” tukasnya.

Dengan penghargaan yang diterima itu, Edi menyatakan, Pemkot akan meningkatkan kualitas persamaan kaum perempuan di Kota Pontianak dengan langkah-langkah kegiatan konkrit.

Hal itu bertujuan untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan, baik di lingkungan rumah tangga, masyarakat maupun kehidupan bernegara.

“Melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan,” jelasnya.

(Agustiandi/dd)

TIDAK ADA KOMENTAR