Hari Ibu, Norsan Ajak Warga Kenang Jasa Ibu

Hari Ibu, Norsan Ajak Warga Kenang Jasa Ibu

BERBAGI
Foto: Bupati Mempawah, Ria Norsan saat memperingati hari Ibu/Hamzah

Mempawah, thetanjungpuratimes.com– Hari Ibu adalah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, dan gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisah dari sejarah perjuangan bangsa.

Bupati Ria Norsan menegaskan hal itu saat menghadiri Peringatan Hari ke-88 di Aula Kantor Bupati Mempawah, Kamis (22/12).

Norsan berharap melalui peringatan Hari Ibu, semua pemangku kepentingan semakin terdorong untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan eksistensi perempuan dalam pembangunan.

“Peringatan Hari Ibu diharapkan juga dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak, dan kemajuan perempuan. Di sisi lain, juga meyakinkan bahwa perempuan jika diberi peluang akan mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengembangkan semua potensi dirinya,” tuturnya.

Dalam konteks kekinian, Norsan menyebut ibu sebagai pendidik anak dalam keluarga. Adapun di masyarakat, ibu ikut berperan membina remaja. Bahkan dalam agama, dikatakan bahwa wanita adalah tiang negara. Jika baik para wanita, maka baiklah negara. Dan jika buruk akhlak wanita, maka buruklah negara.

“Hari ini adalah hari yang tepat untuk `mengingatkan kita betapa besar jasa dan pengorbanan seorang ibu. Tetapi, sayangnya, di tengah kesibukan sehari-hari terkadang kita lupa peran dan jasa seorang ibu,” katanya mengingatkan.

Norsan menerangkan di Indonesia Hari Ibu bukan hanya menghargai jasa wanita dalam konteks keluarga. Namun dalam kerangka yang lebih luas, yakni wanita sebagai pejuang dan warga negara yang akan terus mengisi kemerdekaan.

“Di Hari Ibu ini kita mengingat jasa seorang ibu sekaligus mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan wanita yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini,” ucapnya.

Ketua panitia peringatan Hari Ibu Kabupaten Mempawah, Nia Dedi Agustono, menuturkan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan terkait peringatan Hari Ibu. Di antaranya ziarah ke Taman Makam Pahlawan Putra Bangsa Mempawah, anjangsana, dan pemberian santunan kepada sebelas wanita insipiratif.

Puncak Peringatan Hari Ibu di Aula Kantor Bupati Mempawah diwarnai penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga dan sekolah, dan pemenang lomba cuci tangan pakai sabun yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah.

(Hamzah/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR